Cantiknya Gaun Batik Putri Raemawasti Puteri Indonesia 2007 Yang Dibawa Ke Miss Universe

881
Cantiknya-Gaun-Batik-Putri-Raemawasti-Puteri-Indonesia-2007-Yang-Dibawa-Ke-Miss-Universe

Salah satu gaun malam bercorak batik yang pernah dikenakan Puteri Indonesia di Miss Universe adalah yang dikenakan oleh Gracia Putri Raemawasti Puteri Indonesia 2007 di Preliminary Competition Miss Universe 2008 di Crown Convention Center, Nha Trang tanggal 8 Juli 2008 lalu.

Gaun karya Anita Asmaya Sanin – Head Designer Allure Batik (sekarang Alleira beserta tim ini dikerjakan dengan teknik khusus yaitu teknik laser cutting, sebuah teknik pemotongan berbasis teknologi laser yang diaplikasikan pada produk tekstil.

Sinar laser digunakan sebagai piranti yang bersinergi antara pengolahan data secara digital (perancangan motif) dengan proses pemotongan material. Dalam proses ini terdapat keterkaitan antara bahan kain, teknik pengerjaan, maupun pengembangan dari motif batik itu sendiri. Teknik ini juga mampu menyuguhkan akurasi, kekuatan, serta kecepatan pemotongan yang tidak mampu dilakukan secara manual.

Cantiknya-Gaun-Batik-Putri-Raemawasti-Puteri-Indonesia-2007-Yang-Dibawa-Ke-Miss-Universe

Pengembangan geometris pada motif dasar batik Parang Pekalongan pada gaun berwarna fuchia ini dikembangkan sedemikian rupa sehingga tercipta citra baru yang modern, dinamis, aplikatif dan kontemporer, namun dengan tetap mempertahankan identitas tradisional yang kuat.

Dengan teknik cutting yang ciamik (potongan setinggi 110 sentimeter dari mata kaki hingga paha), serta teknik pewarnaan batik yang unik (dilakukan dengan teknik penyemprotan yang menimbulkan gradasi warna yang menawan khas Allure), gaun ini secara eksplisit ingin menunjukan sisi glamor dan seksi, serta memancarkan aura dengan menonjolkan ciri khas Indonesia yang anggun.

Kapan kira-kira Batik bisa tampil di preliminary competition Miss Universe lagi ya?

Penulis : Adit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here