Laksmi Shari de Neefe Suardana dari Bali Sukses Meraih Gelar Puteri Indonesia 2022

106
Laksmi-Shari-de-Neefe-Suardana-dari-Bali-Sukses-Meraih-Gelar-Puteri-Indonesia-2022

Setelah ditunda akibat pandemik COVID-19 selama kurang lebih 2 tahun, akhirnya Yayasan Puteri Indonesia (YPI) sukses menyelenggarakan Pemilihan Puteri Indonesia (PPI) 2022.

Bertempat di Jakarta Convention Center (JCC) pada Jumat, 27 Mei 2022 dan disiarkan langsung di SCTV, Laksmi Shari de Neefe Suardana dari Bali sukses dinobatkan menjadi Puteri Indonesia 2022 setelah sukses bersaing dengan 43 kontestan lainnya.

Gadis asal Pulau Dewata ini juga mencetak sejarah dengan meraih gelar Puteri Indonesia pertama kalinya untuk Bali. Acara dipandu oleh Choky Sitohang dan Patricia Gouw dengan bintang tamu BCL, Vidi Aldiano dan Mawar de Jongh. Selain itu acara juga dihadiri 3 ratu dunia yaitu Harnaaz Shandu (Miss Universe 2021) dari India, Sirithorn Learamwat (Miss International 2019) yang juga duduk di jajaran bangku dewan juri dan Karla Guifu (1st Runner Up Miss Supranational 2021).

Pemilihan Puteri Indonesia 2022 memberikan nuansa yang berbeda sejak pemilihan karena untuk pertama kalinya jumlah kontestan yang biasanya berjumlah 38 menjadi 44 yang mewakili 34 propinsi di Indonesia.

 

Penambahan jumlah kontestan ini melalui jalur voting yang membuat ada propinsi yang diwakili oleh 2 kontestan. Penambahan kontestan yang ditambah dengan penantian 2 tahun membuat ajang wahid ini menjadi suatu event yang paling diantisipasi oleh para pageant lovers Indonesia hingga disebut sebagai “Lebaran Pageant” di negara ini.

Para kontestan yang sudah melalui proses audisi daerah, pusat ataupun voting menjalani proses pra karantina dan karantina dengan penilaian meliputi aspek 3B : Beauty, Brain dan Behaviour di Hotel The Westin Jakarta.

Laksmi-Shari-de-Neefe-Suardana-dari-Bali-Sukses-Meraih-Gelar-Puteri-Indonesia-2022

Kegiatan juga diisi dengan pembekalan dan Fashion Show Berbasis Budaya, Unjuk Bakat, Fashion Show Muslim yang ditujukan untuk menunjukkan potensi para finalis dan tidak lupa juga deep interview untuk mengenal lebih dalam karakter setiap kontestan. Selain menjalani tugas sebagai Puteri Indonesia, 3 besar akan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe, Miss International dan Miss Supranational.

Proses menuju pemahkotaan dimulai dengan pengerucutan dari 44 finalis menjadi 11 finalis dan yang beruntung lolos adalah : Jawa Barat (Melanie Theresia Berentz), Jawa Timur (Adinda Chreshellia), Bali (Laksmi Shari deNeefe Suardana), DKI 5 (Cindy May McGuire), Sulawesi Selatan 2 (Dini Nur Fitri), Sulawesi Tenggara (Arina Rezkyana), DIY (Erina Sofia Gudono), Banten 1 (Chrissy Fransisca O. Rugian), NTB (Sheilla Intan), Sumatera Barat (Erviera Syahnaz) dan DKI 3 (Nitya Paramita Suwandi – pemenang fan vote).

11 besar akan melalui sesi speech dimana mereka akan mengungkapkan opini mereka terhadap isu-isu yang sedang berkembang di Indonesia dan dari proses ini akan disaring menjadi 6 besar lagi. Yang beruntung lolos ke 6 besar adalah Jawa Barat (Melanie Theresia Berentz), Jawa Timur (Adinda Chreshellia), Bali (Laksmi Shari deNeefe Suardana), DKI 5 (Cindy May McGuire), Banten 1 (Chrissy Fransisca O. Rugian) dan Sulawesi Tenggara (Arina Rezkyana) sebagai pemenang fan vote.

Selanjutnya sesi tanya jawab menunggu ke 6 besar dengan pertanyaan dari dewan juri yang menguji critical thinking dari finalis. Seluruh finalis dapat memilih untuk menjawab dalam bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris. Jawaban yang diberikan semua memukau dan setelah melalui proses diskusi dewan juri, akhirnya dipilih 3 besar yang akan mewakili Indonesia ke ajang internasional yaitu : Jawa Timur (Adinda Chreshellia), DKI Jakarta 5 (Cindy May McGuire) dan Bali (Laksmi Shari deNeefe Suardana).

Sesi terakhir yaitu tanya jawab oleh Ibu Putri K. Wardani (Anggota Dewan Pertimbangan Presiden) dimana pertanyaan yang diberikan sama dan setiap peserta diberikan waktu 1 menit menjawab. Setiap finalis memberikan sudut pandangnya masing-masing untuk dinilai dewan juri dan melalui diskusi akhir akhirnya para juri memutuskan 2nd Runner Up jatuh kepada Adinda Cresheilla (Jawa Timur) yang akan menuju Miss Supranational 2022, 1st Runner Up jatuh kepada Cindy May McGuire (DKI Jakarta 5) yang akan bertanding di Miss International 2022 dan Laksmi Shari deNeefe Suardana (Bali) yang akan mewakili Indonesia di Miss Universe 2022.

Selamat bertugas dan selamat berjuang di ajang internasional masing-masing.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here