“Finally, Impactnation Japan Festival” Hadir Kembali di Jakarta Mengusung Tema Budaya Tradisional dan Popular

110
Finally-Impactnation-Japan-Festival-Hadir-Kembali-di-Jakarta-Mengusung-Tema-Budaya-Tradisional-dan-Popular

Ingin mengenal lebih dekat dan merasakan budaya tradisional dan popular dari Jepang. Ada kabar gembira bagi seluruh pecinta kebudayaan Jepang atau wibu, anime antusias, otaku, atau wota di Indonesia. Pada 30-31 Juli 2022 akan digelar “Finally, Impactnation Japan Festival” di Senayan Park Mall Jakarta.

Perpaduan budaya Tradisional dan Popular Jepang akan menjadi tema besar dalam acara Finally, Impactnation Japan Festival kali ini. Sebagai konseptor utama acara dari Barcode Organizer, Nugroho menjelaskan, Finally, Impactnation Japan Festival adalah acara kebudayaan Jepang, baik budaya tradisional maupun budaya modern.

“Acara ini diadakan sebagai wadah ekspresi komunitas-komunitas dan pelaku hiburan budaya Jepang oleh orang Indonesia yang berdomisili di area Jabodetabek,” kata Nugroho melalui keterangan persnya, Kamis (28/7/2022).

Finally-Impactnation-Japan-Festival-Hadir-Kembali-di-Jakarta-Mengusung-Tema-Budaya-Tradisional-dan-Popular

Finally, Impactnation Japan Festival tidak hanya berisikan kebudayaan pop-culture Jepang, tetapi juga menyajikan kebudayaan tradisional lainya yang memiliki pengaruhnya di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Kabaret Samurai, Taiko (sejenis alat musik pukul), dan Yosakoi (sejenis tarian
tradisional dengan alat khusus).

Inobu komunitas samurai yang berdiri sejak tahun 2013 akan berpartisipasi di Impactnantion Japan Festival, disini Inobu akan menjelaskan berbagai sejarah Samurai Jepang. Inobu juga membawa gebrakan baru, dimana pengunjung dapat foto (berbayar) mengunakan Yoroi, busana khas samurai Jepang, kostum ini juga bisa dipakai semua gender.

Sedangkan untuk kebudayaan pop-culture, seperti yang sering ditampilkan dalam acara-acara Jepang lainnya, ada berbagai penampilan idol group, band, cosplay, automotive anime dan berbagai budaya pop-culture lainnya yang eksis di Indonesia.

Untuk tempat acara akan dibagi dalam 2 area. Area outdoor yang terletak di Pulau Satu, dan area indoor yang terletak di dalam mall Senayan Park.

Main acara akan ada di area Outdoor dan acara-acara komunitas dan meet & greet akan diadakan di Mini Stage di area Mall.

“Selain perpaduan budaya modern dan tradisional acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai booth, ada 50 booth mulai dari makanan dan minuman Jepang, accesories anime & game, toys, dan berbagai accesories lainnya yang akan memenuhi experience jejepangan seluruh pengunjung dan ada juga seni merangkai bunga atau Ikebana yang akan hadir di main stage,” Ucap Nugroho.

Finally-Impactnation-Japan-Festival-Hadir-Kembali-di-Jakarta-Mengusung-Tema-Budaya-Tradisional-dan-Popular

Ada 2 kompetisi yang akan diselenggarakan di acara Finally, Impactnation Japan Festival. Pertama adalah coswalk competition, lomba cosplay yang diikuti oleh 70 cosplayer dengan juri-juri yang sudah malang melintang di dunia cosplay dengan prestasinya.

Sebut saja Clarissa Punipun, Asai Yukirin, Yukitora Keiji, dan iBun.
Kompetisi kedua adalah Anisong Competition, lomba menyanyikan lagu soundtrack anime ini bekerjasama dengan club Jepang Nippon Club dari Binus University.

Dia yakin, para penggemar kegiatan Japan Festival di wilayah Jabodetabek bakal menantikan kegiatan dengan tema Jepang yang sudah sangat dirindukan ini. Ia menegaskan, acara ini di selenggarakan dengan tetap mengikuti sistemasi protokol kesehatan wajib dan vaksinasi kepada seluruh peserta.

“Dalam event ini pun kami sebagai panitia ikut menggandeng pihak dari tenaga medis dan rumah sakit sehingga selain mengangkat kebudayaan dan komunitas, acara yang kami adakan juga menjunjung tinggi persoalan kesehatan,” ujar Nugroho.

Selain itu Finally, Impactnation Japan Festival disponsori oleh Good Smile Company (perusahaan licensing mainan asal Jepang), dan didukung oleh berbagai komunitas seperti Ita Indonesia (komunitas automotive anime di Indonesia), Inobu (komunitas pecinta samurai di Indonesia), Nippon
Club (komunitas Jepang Binus University), Komunitas Tarot Jakarta, dan berbagai komunitas lainnya.

Tak hanya menyajikan lomba dan pilihan booth , acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan dari
Hiroaki Kato, Shojo Complex, Rei Sarah, Lumina Scarlet, Murry Monolite, Diamond Princess, Taiko Umaku Eisa Shinka, Taiko Benteng, Yosakoi All-Star, Clarissa Punipun, Asai Yukirin, Yukitora, dan iBun.

Untuk segmen kuliner pengunjung juga dapat menemukan berbagai makanan khas Jepang, pernak-pernik dan
mainan khas Jepang, dan berbagai hal lainnya yang mungkin akan memuaskan indra perasamu yang
belum bisa berangkat ke Negeri Sakura di masa pandemi ini.

Finally-Impactnation-Japan-Festival-Hadir-Kembali-di-Jakarta-Mengusung-Tema-Budaya-Tradisional-dan-Popular

Adapun, “Finally, Impactnation Japan Festival” sendiri sudah diawali dengan 3 acara pra-event dengan nama “I Miss U, Japan Festival”, yang mengangkat rasa kangen/kerinduan teman-teman komunitas akan acara Budaya Jepang. ”I Miss U, Japan Festival” yang pertama diadakan pada 25-26 Desember 2021 di Green Pramuka Square, kedua di 14-16 Januari di Mall of Indonesia, dan 26-27 Maret 2021 di Transpark Mall Bintaro.

Penulis : Irwan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here