HomeNationalMiss Universe IndonesiaBertabur 8000 Permata Zirconia, Mahkota Miss Universe Indonesia Tak Ternilai Harganya

Bertabur 8000 Permata Zirconia, Mahkota Miss Universe Indonesia Tak Ternilai Harganya

Poppy Capella bersama Creative Director UBS Gold Michael Yahya dan CEO MUID Eldwen Wang

Senin, 29 Mei 2023, bertempat di La Moda, Plaza Indonesia, PT Capella Swastika Karya, pemegang lisensi Miss Universe Indonesia resmi memperkenalkan mahkota untuk pemenang kontes pertama mereka.

Mahkota yang diberi nama “The Shimmering Hope” mewakili bentuk suatu kepemimpinan yang dicirikan oleh cahaya, kecemerlangan, dan inspirasi. Yang memancarkan harapan, kecantikan, optimisme, kepemimpinan transformasional dan kekuatan untuk kebaikan yang lebih besar.

Mereka yang memakai mahkota ini dipanggil untuk mewujudkan kualitas-kualitas tersebut dan menggunakan kekuatan mereka untuk memberi inspirasi tentang harapan dan optimisme pada orang lain termasuk komitmen terhadap keadilan sosial, hak asasi manusia, dan kesejahteraan semua anggota masyarakat.

Mahkota The Shimmering Hope dari UBS Gold

Mahkota ini dibuat untuk mewakili visi kepemimpinan yang menyatukan orang-orang dari berbagai latar belakang dan perspektif di bawah simbol yang sama. Mereka yang memakai mahkota ini juga dipanggil untuk merayakan keragaman dan bekerja dengan menjunjung persatuan dan kerja sama yang lebih besar di antara semua anggota masyarakat.

Mahkota indah yang dihiasi lebih dari 8000 first quality cubic zirconia ini merupakan hasil kolaborasi antara Miss Universe Indonesia (MUID) dengan perusahaan emas UBS Gold yang telah berkarya di Indonesia lebih dari 40 tahun. Menurut Michael Yahya, Creative Director UBS Gold, semuanya diawali dengan brain storming dan pembuatan sketsa tangan berdasarkan filosofi-filosofi yang diberikan oleh tim MUID. Proses kreatif kemudian dilanjutkan dengan pembuatan 3D rendering dan penggunaan teknologi 3D printing yang kemudian dikerjakan oleh seniman-seniman perhiasan terbaik UBS Gold. Dengan rangka yang terbuat dari emas putih, mahkota ini diklaim kokoh dan tidak terlalu berat sehingga nyaman dikenakan oleh pemenang MUID selama bertugas. Mahkota yang dibuat selama 4 bulan ini juga berhiaskan bintang-bintang sebanyak 24 buah di bagian atas yang melambangkan kandungan kemurnian emas tertinggi, yaitu 24 karat (99,9%), sesuai dengan campaign UBS Gold “I am 24k”. Secara implisit Michael Yahya menyatakan bahwa value mahkota ini tidak ternilai.

Poppy Capella bersama Mahkota Miss Universe Indonesia “The Shimmering Hope”

Logo Miss Universe Indonesia yang diaplikasikan dalam mahkota ini mencerminkan 3 aspek dasar, yaitu : Mandala, Gunungan dan Dewi Sembadra. Mandala berarti lingkaran, menggambarkan dunia, alam semesta atau jagad raya. Mandala dalam seni modern memiliki disain diagram berpola lingkaran yang memiliki sumbu atau pusat. Mandala dalam logo Miss Universe Indonesia memiliki lima sudut yang menggambarkan Pancasila. Mandala sendiri sering digunakan untuk mewakili keharmonisan, kesempurnaan, dan persatuan.

Gunungan dalam pementasan wayang ditampilkan pada pembukaan dan penutupan cerita atau lakon wayang, diibaratkan sebagai indikator perpindahan adegan atau babak baru (transformational). Bentuk gunungan yang seperti segitiga melambangkan Purwa, Madya dan Wasana yang merupakan siklus kehidupan dari awal sampai akhir.
Bentuk kerucut / lancip ke atas menggambarkan kehidupan manusia, dimana semakin tinggi ilmu dan semakin tua usia, manusia harus semakin mengerucut atau semakin dekat dengan Sang Pencipta. Maksudnya, dalam hidup manusia haruslah terus berjuang dan berusaha untuk mengubah jalan hidupnya dengan semangat dan optimis, namun segala daya dan upaya tersebut kita serahkan hasilnya kepada Yang Maha Kuasa.
Gunungan juga berkonotasi dengan wujud gunung sesungguhnya yang melambangkan kelestarian alam, budaya, hingga ekonomi.

Dewi Sembadra. Ia dikenal pula sebagai Dewi Rara Ireng, putri Prabu Basudewa, raja negara Mandura. Ia mendapat sebutan Rara Ireng karena saat kecil Ia dianggap kurang cantik karena berkulip gelap. Saat beranjak dewasa Dewi Sembadra bertransformasi sebagai sosok wanita yang percaya diri dengan kecantikan alaminya (beautifully confident). Ia juga digambarkan sebagai wanita yang bertutur kata lembut, berbudi luhur dan setia.

Poppy Capella, CEO dari PT Capella Swastika Karya, mengatakan bahwa mereka mencari sosok yang dapat menjadi agen perubahan yang dapat memberi warna bagi Indonesia, yang “radiates shimmering hope”. Selain harus memiliki brain, beauty, behaviour, seorang Miss Universe Indonesia juga harus memiliki attitude dan hati yang baik (confident heart).

Gunting pita sebagai simbol peluncuran aplikasi Miss Universe Indonesia

Di kesempatan yang sama, pihak MUID juga mengumumkan peluncuran aplikasi Miss Universe Indonesia yang saat ini masih masih berupa versi beta (eksperimental / masih dikembangkan) untuk sistem operasi Android (versi iOS menyusul). Selain untuk mengetahui profil-profil peserta MUID dan update terbaru mereka, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk pembelian merchandise dan tiket MUID, serta digunakan untuk voting peserta favorit. Poppy juga menyebutkan bahwa hadiah bagi pemenang MUID tembus 2 milyar rupiah.

Penulis : Adit

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments