HomeInternationalMiss UniverseAkankah Sejarah Akan Terulang Kembali?

Akankah Sejarah Akan Terulang Kembali?

Dunia terus berputar, setiap kejadian akan membuka sejarah baru dan berulang. Ada sejarah yang baik ada juga yang buruk.

Yang baik akan dikenang dan yang buruk akan dilupakan. Bagaimana dengan dunia pageants, pernahkah terjadinya sejarah berulang.

Jika kita telisik, pernahkah! Yes, pernah India mencatatkan sejarah terbaiknya pada tahun 1994 dan 2000, dimana mereka meraih sekaligus dua gelar ditahun tersebut Miss World dan Miss Universe, dan itu sangat dikenang.

Lantas untuk Indonesia, pernahkah sejarah berulang. Kalau ditelisik lagi hampir mendekati sejarah terulang kembali.

Kisruh Miss Grand Indonesia 2018 dan sekarang yang terjadi yaitu Miss Universe Indonesia 2023. Berikut persamaannya :

Akankah-Sejarah-Akan-Terulang-Kembali?-Dikna-Faradiba-Miss-Grand-Indonesia-Poppy-Capella-Miss-Universe-Indonesia

Era-Baru-Miss-Universe-Indonesia

1. Lepas Lisensi

Lepasnya lisensi Miss Grand International dari Yayasan Puteri Indonesia, dimulai saat pertemuan Dikna Faradiba (Putri Pariwisata Indonesia 2015 & Miss South East Asia Tourism Ambassdres 2016) saat malam Final Miss Tourism International 2017 di Malaysia.

Lepasnya lisensi Miss Universe dari Yayasan Puteri Indonesia, dimulai saat Poppy Capella terlihat menghadiri rilis The New Crown Miss Universe 2022 di Thailand.

Akankah-Sejarah-Akan-Terulang-Kembali?-Dikna-Faradiba-Miss-Grand-Indonesia-Poppy-Capella-Miss-Universe-Indonesia

2. Hotel Karantina Yang Sama

Karantina Miss Grand Indonesia 2018 dan Miss Universe Indonesia 2023 berlangsung di hotel yang sama, mulai dari babak Preliminary hingga rangkaian karantina.

Akankah-Sejarah-Akan-Terulang-Kembali?-Dikna-Faradiba-Miss-Grand-Indonesia-Poppy-Capella-Miss-Universe-Indonesia

3. Pemilihan Dua Wakil Daerah Yang Sama

Dalam memilih wakilnya, Miss Grand Indonesia 2018 dan Miss Universe Indonesia 2023 memiliki alur yang sama, ada pemilihan wakil daerah yaitu Jawa Barat dan Bali serta kontestan lainnnya melalui audisi terbuka (Miss Grand Indonesia) online (Miss Universe Indonesia).

4. Grand Final Tayang Di Televisi

Malam final Miss Grand Indonesia 2018 tayang di stasiun televisi SCTV dan malam final Miss Universe Indonesia 2023 tayang di stasiun televisi NET. TV

Akankah-Sejarah-Akan-Terulang-Kembali?-Dikna-Faradiba-Miss-Grand-Indonesia-Poppy-Capella-Miss-Universe-Indonesia

5. Kedua Owner Jadi Juri

Dikna Faradiba menjadi juri malam final Miss Grand Indonesia 2018 dan Poppy Capella menjadi juri malam final Miss Universe Indonesia 2023.

6. Hengkangnya Orang-orang Penting

Ivan Gunawan sempat menjadi bagian team Miss Grand Indonesia 2018, after final Miss Grand International 2018 ia mundur dan tidak terlibat lagi.

Eldwen Wang CEO Miss Universe Indonesia, Rio Motret Visual Director, Slam Wiyono Beauty Director dan Xena Atmadja Team Sosial Media, ramai-ramai mundur dari Miss Universe Indonesia.

7. Terkena Kasus

Jika Dikna Faradiba selaku owner Miss Grand Indonesia 2018 dikabarkan tidak membayar hadiah pemenang juara pertama yaitu Nadia Purwoko.

Sedangkan Poppy Capella selaku owner Miss Universe Indonesia 2023 mengalami kehancuran, dimana 10 korban / finalis Miss Universe Indonesia 2023 melaporkan ke kepolisian, akibat pelecehan seksual yang dilakukan oleh team Miss Universe Indonesia. Dan kasus tersebut menjadi berita nasional dan internasional.

8. Satu Nama Merasakan Dua Kejadian Yang Sama

Ilma Fitriani menjadi saksi atas kekisruhan dua ajang tersebut, bedanya Ilma mengikuti di tahun 2019 sebagai Miss Grand Kalimantan Barat dan masuk Top 10 Miss Grand Indonesia 2019.

Tahun ini Ilma mengikuti Miss Universe Indonesia 2023 mewakili provinsi Jawa Tengah dan hasilnya not placement, hanya sebagai finalis saja.

Akankah-Sejarah-Akan-Terulang-Kembali?-Dikna-Faradiba-Miss-Grand-Indonesia-Poppy-Capella-Miss-Universe-Indonesia

9. Dikna Jilid 2

Dikna Faradiba selaku owner Miss Grand Indonesia hanya menjabat selama 2 tahun, yaitu tahun 2018 dan 2019, seterusnya lisensi tersebut berpindah tangan ke Ivan Gunawan selaku owner Yayasan Dunia Mega Bintang sampai saat ini.

Sedangkan Poppy Capella selaku owner Miss Universe Indonesia baru memegang lisensi Miss Universe berjalan 5 bulan, dari tanggal 8 Februari 2023.

Apakah sejarah akan terulang kembali di mana Poppy Capella akan mengikuti jejak Dikna?

Dan terkini sejarah itu terulang kembali, kabar terkini Miss Universe Organization memutuskan mencabut posisi Poppy Capella sebagai National Director Miss Universe Indonesia dan Miss Universe Malaysia.

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments