4 Puteri Indonesia Menikah di Tanggal Cantik 02-02-2020 Dengan Adat Nusantara

1457
4-Puteri-Indonesia-Menikah-di-Tanggal-Cantik-02-02-2020-Dengan-Adat-Nusantara

Pernikahan adalah upacara pengikatan janji nikah yang dirayakan atau dilaksanakan oleh dua orang dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan secara norma agama, norma hukum, dan norma sosial. Upacara pernikahan memiliki banyak ragam dan variasi menurut tradisi suku bangsa, agama, budaya, maupun kelas sosial.

Pernikahan merupakan momen yang paling dinanti oleh banyak pasangan. Apalagi dibulan Februari tepat di tanggal dua, 02-02-2020, menjadi tanggal unik. Banyak orang yang ingin menjadikan tanggal tersebut sebagai tangga bersejarah dalam hidupnya.

Kevin-Liliana-Miss-International-2017-dan-Oskar-Mahendra

Dari catatan team Pageantempire ada 4 alumni Puteri Indonesia yang melangsungkan pernikahan ditanggal cantik tersebut, Kevin Liliana Puteri Indonesia Lingkungan 2017 dan Miss International 2017 dengan pasangannya Oskar Mahendra, mengusung adat Sunda yang sangat kental, pernikahan dilakukan ditempat asal Kevin didaerah Bandung.

Salah satu tradisi unik dalam pernikahan Kevin dan Oskar yaitu sesi “Patarik-tarik bakakak” atau bisa diartikan saling menarik daging ayam .

Dalam adat sunda, dipercayai bahwa mempelai yang mendapatkan bagian yang lebih besar dari pada yang lain, akan membawa kesejahteraan di dalam keluarga kecil mereka. Selain itu, upacara ini juga mengingatkan kedua mempelai untuk saling membantu satu sama lain dan bekerja sama dalam membangun kesejahteraan keluarga.

Kalau pagi harinya proses ijab kabul sangat kental dengan tradisi Sunda, pada malam harinya nuansa modern sangat terasa dimana Kevin terlihat cantik memakai gaun putih dan Oskar terihat gagah dengan stelan jasnya.

Turut hadir alumni Puteri Indonesia dari berbagai angkatan yang menjadi brisemaid, Bunga Jelitha Ibrani Puteri Indonesia 2017, Karina Nadilla Puteri Indonesia Pariwisata 2017, Dea Rizkita Puteri Indonesia Perdamaian 2017, Sonia Fergina Citra Puteri Indonesia 2018, Vania Herlambang Puteri Indonesia Lingkungan 2018, Wilda Situngkir Puteri Indonesia Pariwisata 2018 dan Jolene Marie Chocolk Rontisulu Puteri Indonesia Lingkungan 2019.

Intan-Aletrino-Puteri-Indonesia-Pariwisata-2016-dan-Ian-Kleimer

Sementara itu Intan Aletrino Puteri Indonesia Pariwisata 2016 juga melangsungkan pernikahan ditanggal cantik dengan pasangannya Ian Syarief Kleimer, suasana tradisi kental adat Minangkabau sangat terasa dimana pernikahan mereka dilangsungkan dikampung halaman Intan, Padang, Sumatera Barat.

Satu hari sebelum acara pernikahan, Intan terlihat cantik mengenakan busana khas Sumatera Bara dalam prosesi “Malam Bainai” adalah malam terakhir bagi calon pengantin wanita Minangkabau merasakan kebebasan sebagai wanita lajang. Secara harfiah, bainai berarti berinai atau memakai inai, yaitu melekatkan tumbukan halus daun pacar kuku yang dalam istilah Minangkabau disebut daun inai ke kuku-kuku jari calon pengantin wanita.

Pagi harinya saat proses ijab kabul Intan dan Ian mengenakan pakaian kebaya dan beskab, dan pada malam harinya nuansa modern tapi ada unsur tradisional juga terlihat saat Intan mengenakan gaun malam dipadukan dengan “Suntiang” perhiasan kepala bertingkat berwarna keemasan diatas kepala. Turut hadir sebagai brisemaid pernikahan Intan dan Ian yaitu Kezia Waoruw Puteri Indonesia 2016, Felice Hwang Puteri Indonesia Lingkungan 2016 dan Windy Yolanda Imran Supermodel Indonesia 2016.

Cahaya-Nur-Hikmah-Puteri-Indonesia-Kalimantan-Timur-2018-dan-Yoga-Pratama

Selanjutnya Cahaya Nur Hikmah Puteri Indonesia Kalimantan Timur 2018 dan pasangannya Yoga Pratama, melangsungkan pernikahan di kampung halaman Cahaya di Samarinda,Kalimantan Timur.

Pagi harinya Cahaya tampil cantik berbalutkan kebaya putih dipadukan dengan beskap warna senada yang dipakai Yoga, selanjutnya pada malam harinya resepsi mengusung konsep modern.

Debby-Kumala-Sari-Puteri-Indonesia-Riau-2011-dan-Andry-Permadi-4th-Runner-Up-Manhunt-International-2017

Terakhir alumni Puteri Indonesia yang melangsungkan pernikahan ditanggal cantik tersebut adalah Debby Kumala Sari Puteri Indonesia Riau 2011 dengan pasangannya Andry Permadi 4th runner up Manhunt International 2017, di Pekan Baru, Riau.

Mengusung adat Melayu bercampur dengan adat Minang pada pakaian pengantin wanita, prosesi pernikahan Debby dan Andry berjalan lancar. Uniknya lagi pernikahan Debby dan Andry akan dilangsungkan dua kali, pertama ditanggal 02 Februari 2020 di kampung halaman Debby di Pekanbaru, Riau. prosesi kedua akan dilangsungkan pada tanggal 22 Februari 2020 di Jakarta tempat Andry.

Selamat buat alumni Puteri Indonesia yang melangsungkan pernikahan ditanggal cantik 02 02 2020, semoga menjadi keluarga “Sakinah Mawaddah Warahmah“.

Penulis : Irwans

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here