Siklus 6 Tahunan, Apakah Benar Jawa Timur Baru Bisa Menang di Puteri Indonesia?

1420
Puteri-Indonesia-dan-Puteri-Indonesia-Jawa-Timur

Puteri Indonesia Jawa Timur adalah sebuah kontes kecantikan yang diadakan untuk wanita berusia 17 sampai 25 tahun di provinsi Jawa Timur, pemenang Puteri Indonesia Jawa Timur akan mewakili Jawa Timur diajang kontes kecantikan nasional yaitu Puteri Indonesia.

Jawa Timur sudah aktif sejak tahun 1992 diwakili Pungky Sukmawati berasal dari Surabaya, meraih posisi Harapan 1 dan spesial award Puteri Fotogenik. Tahun 1994 diwakili Linda Fatmawati dari Malang sebagai finalis, tahun 1995 diwakili Rosa Andriani Rai asal Banyuwangi Jawa Timur berhasil meraih posisi 1st Runner-up dan tahun 1996 diwakili Luluk Fitriyah asal Mojokerto sebagai finalis.

Paska mati suri empat tahun kemudian pemilihan Puteri Indonesia bangkit kembali ditahun 2000 Jawa Timur diwakili Erik Erika Sintiawati dari Jember berhasil masuk top 10. Tahun 2001 diwakili Prisca Olivia Charlotte dari Surabaya berhasil masuk top 10 dan spesial award Puteri Favorit. Tahun 2002 diwakili Destria Rifana dari Mojokerto berhasil masuk top 5. Tahun 2003 diwakili Dewi Nurhayati dari Jombang sebagai finalis. Tahun 2004 diwakili Monica Widodo dari Surabaya sebagai finalis. Tahun 2005 diwakili Asta Mina Karunia dari Bangkalan sebagai finalis. Tahun 2006 diwakili Jaswin dari Gresik berhasil masuk top 5 dan spesial award Puteri Berbakat.

Putri-Raemawasti-Puteri-Indonesia-2007-dan-Riyo-Mori-Miss-Universe-2007

Tahun 2007 adalah puncak pertama Jawa Timur meraih tahta dan mahkota Puteri Indonesia saat itu yang meraihnya adalah Putri Raemawasti dari Blitar dan mewakili Indonesia di Miss Universe 2007 yang diadakan di Vietnam. Tahun 2008 diwakili Yustin Karina dari Malang berhasil masuk top 10, Puteri Intelegensia dan Puteri Indonesia Kepulauan Jawa. Tahun 2009 diwakili Nadia Zahara dari Sidoarjo berhasil masuk top 10 dan Puteri Intelegensia. Tahun 2010 diwakili Betha Landes Kemala Sari dari Pasuruan sebagai finalis dan meraih spesial award Puteri Indonesia Kepulauan Jawa. Tahun 2011diwakili Liza Elly Purnamasari dari Malang berhasil meraih 1st Runner-up atau Puteri Indonesia Lingkungan dan mewakili Indonesia di Miss International 2011 di Jepang. Tahun 2012-2013 diwakili Asri Nofalya Kamalin dari Pasuruan sebagai finalis.

Elvira-Devinamira-Puteri-Indonesia-2014-dan-Gabriella-Isler-Miss-Universe-2013

Tahun 2014 Jawa Timur sukses meraih juara Puteri Indonesia diwakili Elvira Devinamira dari Surabaya, ini adalah juara kedua Jawa Timur, hebatnya lagi Elvira mengukir sejarah ditingkat internasional dengan masuk top 15 Miss Universe 2015 yang diadakan di Nevada, Amerika Serikat dan meraih juara pertama kostum nasional terbaik dengan tema Borobudur rancangan designer alm Dynand Fariz dari Jember Fashion Carnaval.

Tahun 2015 diwakili Rr. Sheryltha Pratyscha dari Malang sebagai finalis. Tahun 2016 diwakili Badzlina Sukmawati dari Surabaya sebagai finalis dan meraih spesial award Puteri Indonesia Kepulauan Jawa. Tahun 2017 diwakili Fatma Ayu Husnasari dari Blitar sebagai finalis dan meraih spesial award Puteri Indonesia Kepulauan Jawa. Tahun 2018 diwakili Alshya Sekar Amaranggana Wibowo dari Sidoarjo sebagai finalis. Tahun 2019 diwakili Bella Putri Ekasandra dari Malang sebagai finalis.

Puasa enam tahun sebagai finalis dan satupun tidak ada yang masuk jajaran semifinalis atau 11 besar membuat provinsi Jawa Timur memutar strategi dengan memilih wakil yang benar-benar siap bertanding ditahun 2020 dengan segala package yang sudah ready cantik, tinggi, jenjang, advoksi nyata serta background pendidikan sarjana.

Pencarian pun mulai dilakukan, disaat provinsi lain sudah audisi dan memilih wakil mereka di Graha Mustika Ratu. Jawa Timur justru konsisten setiap tahunnya melakukan pemilihan sendiri dengan mengelar pemilihan Puteri Indonesia Jawa Timur.

Ayu-Maulida-Puteri-Indonesia-2020-dan-Zozibini-Tunzi-Miss-Universe-2019

Mutiara Yang Hilang Kembali Datang dan Bawa Jawa Timur Akhirnya Berjaya Lagi
Satu persatu peserta audisi berdatangan dan terpilihlah 12 finalis yang bersaing, diantara finalis tersebut hadir wajah lama Raden Rara Ayu Maulida Putri biasa disapa Ayuma.

Ayu sendiri pernah mengikuti pemilihan Puteri Indonesia Jawa Timur 2017 saat itu ia bersaing dengan Fatma Ayu Husnasari yang terpilih sebagai pemenang pertama dan Ayuma hanya meraih 1st Runner up.

Ayu-Maulida-1st-runner-up-puteri-indonesia-jawa-timur-2017

Uniknya lagi saat Ayuma terpilih sebagai pemenang pertama Puteri Indonesia Jawa Timur 2020 justru yang menyebutkan nama pemenang tersebut adalah Fatma Ayu Husnasari yang bertindak sebagai host malam final.

Ayu-Maulida-Puteri-Indonesia-2020-dan-ArtikaWhulandary-Beauty-Camp

Ayuma mempunyai jiwa mental yang sangat kuat, namanya tercium didunia beauty pageants saat menjadi anak didik ArtikaWhulandary Beauty Camp dibuat oleh Artika Sari Devi Puteri Indonesia 2004 asal Bangka Belitung dan top 15 Miss Universe 2005 di Thailand dan Whulandary Herman Puteri Indonesia 2013 dari Sumatera Barat dan top 15 Miss Universe 2013 di Russia.

Dan ditahun yang sama Ayuma terlihat menyambut kedatangan Ariska Putri Pertiwi Miss Grand International 2016 dibandara Soekarno Hatta.

Ayu-Maulida-Puteri-Indonesia-2020-Ariska-Putri-Pertiwi-Miss-Grand-International-2016-dan-Elvira-Devinamira-Puteri-Indonesia-2014

Setelah gagal di pemilihan Puteri Indonesia Jawa Timur 2017, Ayuma yang dibimbing Elvira Devinamira Puteri Indonesia 2014 langsung mengajaknya menghadiri malam final Puteri Indonesia 2018, ada alasan jelas Elvira mengajak Ayuma, ia ingin Ayuma bisa melihat suasana dan atmosfer ditingkat nasional dan itu memacu semangatnya untuk fighting jika ingin kembali.

Paska kegagalan tahun 2018 Ayuma banting setir fokus menyelesaikan pendidikannya di Universitas Airlangga dan melakukan advoksi “Senyum Desa” yang berfokus pada pemberdayaan perempuan dan anak-anak. Serta terjun kedunia modeling, semua ajang fashion show ia ikuti dan menjadi ikonnya.

Tahun 2019 menjadi puncaknya saat Ayuma mengikuti pemilihan modeling di Jakarta Fashion Week Model Search 2020. Dibawah mentor seperti Wita Juwita juara pertama Wajah Femina 2013 dan Ai Syarif Creative Director Jakarta Fashion Week, Ayuma lolos mewakili Surabaya ke Jakarta.

 

Ayu-Maulida-Puteri-Indonesia-2020-dan-Face-Of-Asia-2019Ditingkat nasional Ayuma bersama empat wakil dari daerah mewakili Indonesia ketingkat kontes modeling dan semi beauty pageants yaitu Asia Model Festival yang diikuti puluhan negara. Predikat tertinggi diraih Ayuma dengan meraih gelar grand Prize Face Of Asia 2019 di Korea Selatan mengalahkan 74 model lain dari 27 negara Asia.

Ayu-Maulida-Puteri-Indonesia-2020-dan-Face-Of-Asia-2019

Dengan kemenangan tersebut bak Mutiara Yang Hilang ditengah kemarau yang panjang dimana 6 tahun Jawa Timur panceklik, pageant lover Indonesia memasukan Ayuma sebagai wishlist atau kandidat kuat untuk pemilihan Puteri Indonesia Jawa Timur 2020.

Terdorong dengan dukungan yang mengalir deras dan berkaca dengan kegagalan ditahun 2017, membuat sosok Ayuma lebih matang, kuat, percaya diri dan tetap rendah hati.

Ayu-Maulida-Puteri-Indonesia-Jawa-Timur-2020

Ayuma akhirnya terpilih sebagai Puteri Indonesia Jawa Timur 2020 dari Surabaya dan mewakili ketingkat nasional. Ditingkat nasional Cah Ayu tersebut juga kembali memecah kebuntuan Jawa Timur yang tidak plecement sejak tahun 2015 dan mempertahankan siklus 6 tahun Jawa Timur baru bisa juara Puteri Indonesia untuk ketiga kalinya setelah tahun 2007 dan 2014.

Kini Ayuma Puteri Indonesia 2020 disibukan dengan berbagai tugas dengan menjadi Duta MPR RI serta persiapan menuju karantina Miss Universe 2020.

Ayu-Maulida-Puteri-Indonesia-2020-dan-Duta-MPR-RI

Pertanyaan besar kini tertuju kepada provinsi Jawa Timur, bagaimana mencari perwakilannya dipemilihan Puteri Indonesia selanjutnya, apakah mempertahankan siklus 6 tahun baru juara atau ada perubahan. Kita tunggu gebrakan selanjutnya.

Penulis : Irwans

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here