Mengenal Lebih Dekat Rainal Guin World Fitness Supermodel Indonesia Pekanbaru 2020

1773
Rainal-Guin-World-Fitness-Supermodel-Indonesia-Pekanbaru-2020

 

Biodata
Nama : Rainal Guin Stari
Nama Panggilan : Guin
Tempat tgl lahir : Bagansiapiapi, 15 April 1992

Pendidikan : SMA
Hobby : Sport, Movie, Singing
Motto : Being Muscle is not just physical, but about motivation and lifestyle
Prestasi Akademik :
1. Juara 3 Karya Tulis Ilmiah (Judul : Berbahasa dan Tata Cara Berbicara)
2. Juara 1 Sains Biologi

Prestasi Non Akademik :
1. Juara 1 Festival Lagu Religi

Rainal-Guin-World-Fitness-Supermodel-Indonesia-Pekanbaru-2020

1. Ceritakan sosok kamu seperti apa?

Menjadi manusia, kadang kita sendiri tak mampu mendeskripsikan sosok diri sendiri. Namun karena dibesarkan di lingkungan yang sulit, penuh perjuangan, jatuh bangun, dan bertahan ditengah kemandirian hidup menjadikan saya merasa menjadi seorang yang tangguh dan pantang menyerah.

Begitu pula dengan kehidupan, karena rasa ingin tahu yang besar membuat saya ingin merasakan banyak kesempatan yang tersedia, hingga kadang belum bisa menentukan jati diri yang sesungguhnya, namun saya menikmatinya.

2. Apa motivasi kamu mengikuti World Fitness Supermodel 2020?

Motivasi itu kadang mengalir tiba-tiba tanpa perlu ambisi besar. Kadang menjadi seseorang yang memiliki pengetahuan akan sesuatu membuat kita menjadi wadah ilmu untuk dibagikan kepada orang lain.

3. Fitness atau Gym saat ini bukan lagi sebagai tempat untuk membentuk body tapi juga membantu untuk mendapatkan gaya hidup sehat, bagaimana pendapat kamu?

Benar, saat kita memulai Fitness, motivasi untuk mendapatkan body goals itu lambat laun akan menjadi candu yang sulit ditinggalkan. Kebanggaan akan pencapaian menjadikan kita tidak pernah puas untuk melakukan lebih yang pada akhirnya menjadi habit untuk memaintance tubuh tetap bugar dan proporsional.

4. Seberapa sering kamu berlatih Fitness, pernahkah mengalami cidera dan bagaimana kamu mengatasinya?

4-5 kali seminggu selang waktu 1-2 Jam. Ya saya pernah melakukan kesalahan-kesalahan latihan yang menyebabkan kram otot, bahkan robeknya jaringan ligament pada bahu kanan saya.

Untuk kram otot sebenarnya cukup sederhana, karena kita hanya perlu melakukan stretching setidaknya 10 menit sebelum latihan. Untuk jaringan ligament yang robek memang cedera yang fatal hingga saya disarankan untuk berhenti olahraga sementara waktu, dan mengurangi beban latihan terutama bagian yang cedera.

Rainal-Guin-World-Fitness-Supermodel-Indonesia-Pekanbaru-2020

5. Sebagai seseorang pengiat Fitness, bisakah kamu berbagi pengalaman bagaimana mendapatkan body ideal dan apakah ada program khusus atau menu makanan yang harus diperlukan?

Mendapatkan tubuh ideal sebenarnya butuh konsistensi, kesabaran dan motivasi. Karena ia tidak didapatkan instant 1-2bulan, namun butuh bertahun-tahun dan melakukan maintance agar komposisi tubuh tetap proporsional.

Program-program untuk mendapatkan tubuh ideal yaitu bulking dan cutting. Bulking berarti memacu tubuh dan otot menjadi besar, dengan kadar air, otot, dan lemak menjadi tinggi namun masih pada batas normal. Cutting adalah tahap saat bulking telah berhasil dilakukan, lalu meminimalisir kadar air dan lemak hingga persentase sekecil mungkin tanpa mengurangi kadar otot.

Tujuannya agar otot-otot yang tadinya sudah kita bangun menjadi lebih menonjol. Untuk Pola makan dan diet sebenarnya tergantung type tubuh kita, mungkin bisa melakukan defisit carbo, memakan makanan tinggi protein, vitamin dan mineral. Menjaga pola tidur dan istirahat dan lain sebagainya.

6. Di jaman era digital, orang dengan bebasnya mengakses sosial media dan berpendapat, pernahkah kamu mendapatkan bullying dan bagaimana kamu mengatasinya?

Ya! Ada pepatah yang mengatakan “semakin tinggi pohon, maka semakin kencang pula angin yg bertiup”. Bullying kadang bisa menjadi motivasi atau mungkin momok yang menyebabkan depresi korbannya. Cara mengatasinya, cukup abaikan dan pikirkan hal positif untuk menstabilkan suasana hati.

7. Jika kamu terpilih sebagai wakil Indonesia diajang internasional tahun 2020 (World Fitness Supermodel) yang akan diadakan di Thailand, 23-25 Oktober 2020 persiapan apa yang akan kamu lakukan?

Mengembangkan lagi wawasan yang saya miliki, menjaga tubuh agar tetap proporsional, serta berbagi ilmu dan pengalaman dengan orang-orang positif disekitar.

8. Pernahkah kamu mengalami kegagalan dan bagaimana cara kamu untuk bangkit kembali?

Pasti, dalam hidup, kegagalan adalah wadah intropeksi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Cara mengatasinya adalah menyadari bahwa diri kita ini adalah sesuatu yang berharga untuk diperjuangkan karena banyak orang di sekeliling kita yang menginginkan kita berada di mimbar kesuksesan.

Rainal-Guin-World-Fitness-Supermodel-Indonesia-Pekanbaru-2020

9. Siapa sosok yang kamu favoritkan dan membuat kamu menjadi seperti sekarang ini?

Ibu saya. Memang selama 28 tahun saya belum pernah bertemu dengan ibu saya, namun beliau ada didalam hati saya. saya tahu perjuangan dan pengorbanan beliau untuk anaknya.

Karena beliau pula saya berjuang sekuat tenaga untuk menjadi seorang yang kuat dan bertanggungjawab terhadap diri sendiri dan berusaha menemukan keberadaannya.

10. Seluruh dunia sekarang sedang dilanda wabah virus corona covid19, menurut kamu sebagai anak muda Indonesia apa yang harus kamu lakukan agar wabah tersebut segera berlalu?

Mengikuti dan mengedukasi lingkungan sekitar untuk ikut melakukan himbauan pemerintah untuk physical distancing, menggunakan masker saat berada diluar ruangan dan menjauhi kerumunan, rajin mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer, menjaga kesehatan dan kebersihan.

Penulis : Irwans

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here