Mengenal Lebih Dekat Fajar Fitrah Usdianto dan Tika Rahmi Nurpelita Putera Puteri Kebudayaan Indonesia Sumatera Barat 2020

545
Mengenal-Lebih-Dekat-Fajar-Fitrah-Usdianto-dan-Tika-Rahmi-Nurpelita-Putera-Puteri-Kebudayaan-Indonesia-Sumatera-Barat-2020

Biodata
Nama : Fajar Fitrah Usdianto
Nama Panggilan : Fajar
Tempat tgl lahir : Pasar baru Kecamatan Bayang, 7 Mei 1998
Pendidikan : Sarjana S1-Manajemen
Hobby : Singing, Badminton
Motto : Lakukanlah sekarang, terkadang nanti bisa jadi tak pernah

Prestasi Akademik :
1.
2.

Prestasi Non Akademik :
1. Purna Paskibraka Kabupaten Pesisir Selatan 2015
2. Uda Duta Pemilu Kabupaten Pesisir Selatan 2019

Biodata
Nama : Tika Rahmi Nurpelita
Nama Panggilan : Oka
Tempat tgl lahir : Medan ,10 Desember 1998
Pendidikan : D1 Penerbangan
Hobby : singing, dance, acting
Motto : Genggam lah dunia sebelum dunia menggenggamu

Prestasi Akademik :
1.
2.

Prestasi Non Akademik :
1. Top 5 Miss celebrity 2016 West Sumatera
2. FRU Miss Payakumbuh 2018

1. Ceritakan sosok kamu seperti apa?

Putera :
Saya merupakan anak bungsu dari 4 bersaudara, saya anaknya disiplin, humoris, dan bertanggung jawab. Saya anaknya juga humble dan mudah bergaul dengan orang-orang banyak. Saya memiliki kelemahan dengan banyaknya kegiatan yang membuat saya kurang memperhatikan kesehatan saya, dengan hal ini saya dapat mengatasinya dengan selalu menyediakan vitamin supaya dapat menjaga kesehatan dan imun tubuh. Alhamdulillah pada bulan Agustus tepatnya pada tanggal 26, saya telah dinyatakan Lulus Ujian Komprehensif di Universitas Putra Indonesia YPTK Padang pada Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen. Saat ini kegiatan saya fokus dengan ajang pemilihan Putera Puteri Kebudayaan Indonesia 2020. Sembari fokus ke ajang ini, saya juga untuk melamar pekerjaan.

Puteri :
Saya sosok orang yang ingin tahu hal-hal baru, yang bisa menambah pengetahuan saya dan saya juga orang yang mudah bergaul dengan orang-orang baru.

Mengenal-Lebih-Dekat-Fajar-Fitrah-Usdianto-dan-Tika-Rahmi-Nurpelita-Putera-Puteri-Kebudayaan-Indonesia-Sumatera-Barat-2020

2. Apa motivasi kamu mengikuti Putera Puteri Kebudayaan Indonesia 2020?

Putera :
Motivasi saya mengikuti ajang pemilihan Putera Puteri Kebudayaan Indonesia 2020, adalah berawal dari datangnya amanah dan sebuah kepercayaan yang diberikan kepada saya untuk menjadi representasi provinsi yang saya cintai, Sumatera Barat sehingga beranjak dari hal tersebut saya yakin bahwa kita semua sebagai generasi bangsa ini sudah saatnya untuk melestarikan dan mempertahankan kebudayaan, adat dan pariwisata yang kita miliki agar dikemudian hari kita dapat mewariskannya kepada generasi selanjutnya. Melalui ajang ini saya berharap dapat meng-upgrade kemampuan yang saya miliki khususnya dibidang budaya dan pariwisata sesuai dengan moto saya “lakukanlah sekarang, terkadang nanti bisa jadi tak pernah.”

Puteri :
Motivasi saya mengikuti PPutera Puteri Kebudayaan Indonesia 2020 pastinya diri saya sendiri, orang tua dan orang-orang disekitar saya.

3. Sebagai seorang Putera/Puteri daerah, bagaimana kamu melihat perkembangan kebudayaan didaerahmu?

Putera :
Menurut saya budaya ‘Minangkabau’ yang dimiliki daerah saya masih sangat terjaga dan masih digunakan didalam menjalankan kehidupan sehari-hari karena hal tersebut tidak dapat ditinggalkan oleh masyarakatnya. Sesuai dengan falsafah Minangkabau ” Adat basandi syara’, syara/ basandi kitabullah” adat yang dijalankan ditengah kehidupan masyarakat Minang berlandaskan agama dang agama berpedoman dengan kitab Allah SWT. Saya berharap untuk generasi muda, ayo kita promosikan, kita lestarikan dan kita kembangkan warisan budaya dan pariwisata yang kita miliki agar tetap terjaga dan menjadi harta karun yang kita miliki.

Puteri :
Perkembangan zaman pada saat ini memberi efek memprihatinkan terhadap kebudayaan Minangkabau. Semakin lama eksitensi Minangkabau semakin memudar saat banyak dari generasi muda yang mulai melupakan budaya mereka sendiri. Generasi muda kian tak acuh terhadap seluk beluk kebudayaan Minangkabau seperti kesenian yang ada di dalamnya. Kebanyakan generasi muda Minangkabau sekarang banyak yang malu akan kebudayaan yang ia miliki.

4. Zaman now! Banyak millenial melupakan kebudayaan bangsa sendiri, dan lebih bangga memakai atau mengaplikasikan kebudayaan asing dari pada kebudayaannya sendiri, sehingga kebudayaan negeri sendiri terlupakan, bagaimana kamu melihat fenomena ini?

Putera :
Budaya yang kita miliki adalah identitas bangsa ini, lama sejak beratus tahun silam kebudayaan yang ada tumbuh dan berkembang dan tentunya sudah melewati cerita panjang sehingga menghasilkan sejarah yang seharusnya kita lestarikan. Sebagai generasi milenial sudah seharusnya bangga dengan keberagaman dan kekayaan budaya yang kita miliki karena ” Sejarah adalah identitas bangsa, dan jati dri bangsa Indonesia”

Puteri :
Kita sebagai generasi muda harus melestarikan, membudayakan dan menghormati kesenian yang sudah ada sejak zaman dahulu. Agar tidak punah dizaman modern ini, juga untuk menjaga sebaik-baiknya agar tidak direbut/diklaim oleh orang luar, dan yang paling utama adalah selalu memegang teguh amanat dari para pendahulu untuk generasi penerus yang semua kesenian dan kebudayaan ini menjadi akar dari semua kehidupan.

Mengenal-Lebih-Dekat-Fajar-Fitrah-Usdianto-dan-Tika-Rahmi-Nurpelita-Putera-Puteri-Kebudayaan-Indonesia-Sumatera-Barat-2020

5. Agar kebudayaan daerah kamu tidak hilang ditelan zaman, sebagai generasi muda apa yang akan kamu lakukan?

Putera :
Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk dapat mempertahankan eksistensi kebudayaan yang kita miliki salah satunya melalui pemilihan Putera Puteri Kebudayaan Indonesia, karena menurut saya setiap perwakilan provinsi kembali mengenalkan dan mempelajari budaya masing-masing daerah kemudian di promosikan melalui media sosial. Dan akhirnya semua orang akan melihat dan mengetahui kembali adat, budaya dan pariwisata yang kita miliki.

Puteri :
Hendaknya para penerus generasi sekarang ini menjaga adat dan kesenian budaya agar tetap utuh di dalam keseharian masyarakat.

6. Di jaman era digital, orang dengan bebasnya mengakses sosial media dan berpendapat, pernahkah kamu mendapatkan bullying dan bagaimana kamu?

Putera :
Bullying dan berpendapat adalah sesuatu yang terkadang bisa kita dapatkan, maka dari itu kita harus pandai menyikapi kedua hal tersebut. Jika Bullying yang kita dapatkan jadikanlah hal tersebut sebagai monitoring control atau kritik yang membangun sehingga kita dapat berubah menjadi lebih baik lagi. Cerdas menanggapi bullying adalah hal yang tepat yang seharusnya kita lakukan disaat sekarang ini.

Puteri :
Saya pernah mengalami bullying, yaitu body shaming, bullying sendiri merupakan tindakan menyakiti baik secara fisik maupun verbal dan sikap yang dilakukan secara terus-menerus. Untuk mengatasinya saya selalu membuat diri saya, percaya diri dengan apa yang ada pada diri saya.

7. Pernahkah kamu mengalami kegagalan dan bagaimana cara kamu untuk bangkit kembali?

Putera :
Menurut saya “Gagal” adalah cara tuhan untuk mengingatkan kita kembali bahwa menuju “Sukses” harus melewati proses panjang yang tidak mudah. Gagal juga mengajarkan kita cara bersyukur dengan apa yang kita dapatkan. Nikmatilah kegagalanmu sekarang agar disaat kamu sukses kamu tidak lupa dengan proses yang sudah kamu lalui.

Puteri :
Pernah, saya selalu menganggap setiap kegagalan tersebut menjadi pelajaran agar, saya kedepannya bisa lebih intropeksi diri kurang pada diri saya, dimana dan belajar lagi untuk lebih menjadi lebih baik dari sebelumnya .

Mengenal-Lebih-Dekat-Fajar-Fitrah-Usdianto-dan-Tika-Rahmi-Nurpelita-Putera-Puteri-Kebudayaan-Indonesia-Sumatera-Barat-2020

8. Seluruh dunia sekarang sedang dilanda wabah virus corona covid19 hingga mengakibatkan terjadinya resesi dan kasus positif di negara Indonesia terus meningkat, hingga berakibat banyak negara-negara melakukan pencegahan, dengan menolak warga negara Indonesia berkunjung ke negara mereka, menurut kamu sebagai anak muda Indonesia apa yang harus kamu lakukan agar wabah tersebut segera berlalu dan kita bisa hidup normal kembali?

Putera :
Hal simple yang dapat kita lakukan adalah mulai dari diri kita sendiri untuk disiplin dantap mematuhi kebiasaan menghadapai virus corona, kemudian orang terdekat kita. Tetaplah patuhi protokol kesehatan dan tetap dirumah saja agar rantai virus corona dapat kita putus bersama -sama. Karena sendiri tidak ada artinya, bersama- sama kita bisa.

Puteri :
Di mulai dari diri sendiri dengan selalu mengunakan protokol Kesehatan lalu orang terdekat dan orang di sekitar kita, dengan kita saling menginggatkan itu juga merupakan hal kecil agar covid berangsur mereda dan bisa kembali hidup normal.

9. Jika kamu terpilih sebagai sebagai pemenang Putera Puteri Kebudayaan Indonesia 2020, apa yang akan kamu lakukan?

Putera :
Jika amanah itu dititipkan kepada saya sebagai pemenang Putera Puteri Kebudayaan Indonesia 2020, hal yang akan saya lakukan adalah saya ingin mempelajari adat dan budaya daerah yang belum pernah saya ketahui dan diakhir perjalanan itu saya ingin berbagi cerita perjalanan saya ke semua orang dan dengan bangga mengatakan “Indonesia memang kaya” kemudian saya ingin mengatakan kesemua orang bahwa saya, sebagai pemenang Putera Puteri Kebudayaan Indonesia 2020 adalah rolemodel dibidang kebudayaan dan pariwisata bukan model catwalk atau model photoshoot maksudnya adalah kami sebagai Putera Puteri Kebudayaan Indonesia 2020 tidak hanya bisa tampil didepan kamera tapi kami representativ pemuda dan pemudi bangsa Indonesia.

Puteri :
Tetap rendah hati, berusaha selalu memperbaiki diri, menambah wawasan lagi dan berusaha saling membantu layaknya padi semakin berisi semakin merunduk.

Penulis : Irwans

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here