Mengenal Lebih Dekat Bade Kurniawan Manhunt International Indonesia 2021/2022 Aceh

406
Mengenal-Lebih-Dekat-Bade-Kurniawan-Manhunt-International-Indonesia-2021-2022-Aceh

Biodata

Nama : Bade Kurniawan
Nama Panggilan : Bade
Tempat tgl lahir : Bintang, 03 Maret 1998
Pendidikan : S1 Seni Pertunjukan Tari
Hobby : Menari, Menyanyi, Makan
Motto : Proses, Progres, Sukses

Prestasi Akademik :
1. Mahasiswa berprestasi dan lulusan cumlaude ISBI Aceh 2021
2. Juara umum SMA 2014

Prestasi Non Akademik :
1. Juara 2 lomba vocal Solo tingkat SMP sekabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah tahun 2013
2.Juara 1 Festival Seni Aceh 2019 (penari)
3. Peraih Hibah Festival Kesenian Aceh 2020( Tari Tunggal)
4. Wakil I Putera Tari Indonesia 2021

Mengenal-Lebih-Dekat-Bade-Kurniawan-Manhunt-International-Indonesia-2021-2022-Aceh
1. Ceritakan sosok kamu seperti apa dan sebutkan kelebihan dan kekurangannya?

Saya adalah sosok yang memiliki mental yang kuat, selalu fokus dengan diri sendiri dan menganggap keluarga merupakan bagian Paling penting dalam hidup. Walaupun anak bungsu, saya tidak sama dengan anak bungsu lain nya yang terkesan manja. Sedari kecil, almarhum ayah saya sudah mengajarkan saya untuk mandiri agar tidak boleh selalu bergantung pada orang lain. Saya juga merupakan seorang yang nampak tidak perduli apa-apa, namun sebenarnya saya adalah orang yang sering memperhatikan hal-hal kecil.

Kelebihan saya adalah sikap mau belajar dan kekurangan saya adalah terkadang saya memiliki sikap egois dan tidak mau mengalah.

2. Jika kamu dilahirkan kembali dan menjadi sosok yang baru, kamu ingin seperti apa dan mengapa?

Jika terlahir kembali ke dunia saya ingin menjadi pohon aren. Alasannya adalah karena setiap bagian dari pohon aren memiliki manfaat. Dahan dan daunnya bisa di manfaatkan sebagai pengganti terpal untuk melindungi dari sinar matahari, tulang daun dan bulu di batangnya bisa dibuat menjadi sapu, airnya bisa di minum dan di olah menjadi gula, buahnya bisa di olah menjadi makanan dan yang terpenting adalah pohon aren bisa hidup dimanapun tanpa harus ditanam dan di pupuk. Ini secara tidak langsung menggambarkan kemandirian.

3. Didalam dompet kamu tersisa uang 100 ribu rupiah! Dengan sisa uang tersebut, apa yang bisa kamu lakukan dan bermanfaat bagi orang banyak.

Setengah dari uang tersebut akan saya belikan makanan untuk saya sendiri, saya berpikir jika uang dalam dompet saya hanya tersisa seratus ribu rupiah maka yang saya lakukan adalah harus peduli terhadap kebutuhan primer diri saya sendiri terlebih dahulu dan kebutuhan tersebut adalah makan. Dengan makan saya bisa memiliki tenaga sehingga tenaga yang ada di tubuh saya akan saya manfaatkan untuk membantu atau menolong orang-orang di sekitar saya.

Kemudian sisa dari uang tersebut akan saya berikan ke orang-orang yang betul-betul lebih membutuhkan uang tersebut daripada saya sendiri. Contohnya seperti teman yang tertimpa musibah atau anak-anak yatim. Begitulah saya akan memanfaatkan uang Rp 100.000 yang tersisa di dompet saya.

Mengenal-Lebih-Dekat-Bade-Kurniawan-Manhunt-International-Indonesia-2021-2022-Aceh

4. Pernahkah mau mengalami kejadian gundah gulana alias Galau! Lalu bagaimana kamu mengatasinya dan mengembalikan mood kamu menjadi lebih baik lagi.

Jika berbicara soal gundah, tentu setiap orang pasti pernah mengalaminya, begitupun dengan saya sendiri. Keadaan ini biasanya terjadi pada saat saya mengalami masalah atau terjebak dalam suatu dilema.

Hal yang saya lakukan untuk mengembalikan mood saya adalah dengan terus berpikir positif kemudian mencari solusi dari masalah yang membuat saya gundah, biasanya jika saya sudah merasakan gundah saya akan beribadah dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar senantiasa menjaga ketentraman hati dan dilindungi dari hal-hal yang buruk. Selain itu, saat saya merasakan gundah saya akan mencari kegiatan yang membuat saya lupa akan kegundahan tersebut. Kegiatan-kegiatan tersebut adalah kegiatan yang positif seperti latihan menari, saya akan meluapkan perasaan saya dalam bentuk tarian yang saya lakukan.

5. Dunia sedang tidak baik-baik saja, ditambah dengan hadirnya varian baru covid19 yaitu Omicron, imbasnya perekonomian dunia dan dunia pariwisata terlihat semakin lesu dan menurun. Kamu sebagai anak muda Indonesia, bagaimana caramu membangkitkan lagi keadaan tersebut seperti sediakala?

Cara yang saya lakukan agar keadaan kembali seperti sediakala adalah pertama saya akan melakukan beberapa pembelajaran mengenai virus tersebut, sehingga bahan literasi saya mengenai virus tersebut dapat saya manfaatkan untuk melakukan langkah-langkah dalam mencegah penularan virus tersebut. (mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, stay/work from home)
Setelah saya mengetahui langkah-langkah pencegahannya, saya akan melakukan hal tersebut terlebih dahulu, saya akan mencanangkan pencegahan-pencegahan tersebut kepada diri saya sendiri terlebih dahulu. Dengan begitu saya sebagai pemuda sudah berkontribusi dalam upaya mencegah penularan virus tersebut.

Selanjutnya saya akan mengajak orang-orangĀ  di sekitar saya untuk melakukan hal yang sama seperti yang saya lakukan.
Saya akan menjadi ujung lidah yang mengingatkan orang-orangĀ  di sekitar saya agar lebih perduli terhadap kesehatan dan mencanangkan langkah-langkah pencegahan penularan virus tersebut. Saya juga akan mengajak orang-orang di sekitar saya untuk hidup sehat dengan memakan makanan yang bergizi kemudian melakukan kegiatan positif seperti olahraga sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
Inilah hal kecil yang saya lakukan sebagai bentuk kontribusi saya sebagai pemuda untuk mengembalikan keadaan menjadi seperti semula.

Hal yang saya lakukan memang terlihat kecil, namun saya yakin langkah kecil yang saya lakukan akan sangat bermanfaat. sesuatu yang kecil akan berdampak besar jika dilakukan dengan ikhlas. Jika hal kecil seperti ini dilakukan bersama-sama maka langkah ini pasti bisa memutus rantai penularan virus. Jika mata rantai penularan virus sudah terhenti, maka keadaan akan kembali seperti semula.

Mengenal-Lebih-Dekat-Bade-Kurniawan-Manhunt-International-Indonesia-2021-2022-Aceh

6. Apa motivasi kamu mengikuti Manhunt International Indonesia 2021/2022? Dan jika kamu terpilih sebagai pemenangnya dan mewakili Indonesia diajang International, representasi apa yang akan kamu lakukan sebagai wakil Indonesia?

Motivasi saya mengikuti ajang ini adalah keluarga dan diri saya sendiri. Saya harus bisa membuktikan kepada diri saya sendiri bahwa saya bisa keluar dari zona nyaman saya (selama ini zona saya ada di ruang lingkup menari). Selain itu, motivasi saya sebagai pemuda daerah adalah dikarenakan adanya pemikiran untuk peduli terhadap dunia pariwisata dan berkontribusi untuk menumbuh kembangkan juga harus mengenalkan nya ke Indonesia bahkan mancanegara.

Saya akan sangat senang sekali jika bisa terpilih menjadi wakil Indonesia di Ajang Internasional, jika saya terpilih menjadi wakil Indonesia di ajang internasional saya akan mempresentasikan kekayaan alam Indonesia serta budaya yang terdapat didalamnya.

Saya akan mengenalkan mengenai Indonesia yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dan memiliki banyak potensi besar salah satunya pariwisata. Saya merasa kekayaan alam Indonesia perlu di kenalkan ke mancanegara sebagai upaya menarik minat para turis untuk berkunjung ke Indonesia sehingga dapat meningkatkan omset negara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here