Penjelasan Istilah First Cut Di Kontes Kecantikan International

23
Penjelasan-Istilah-First-Cut-Di-Kontes-Kecantikan-Int

 

“Sebelum 2019, di Miss Universe Indonesia sering terhenti di first cut dan tidak masuk ke Top 10.”

Apakah kalian sering mendengar kata-kata seperti itu? Kalau iya, sebenernya kalimat di atas kurang tepat. Kenapa begitu?

Jadi, istilah ‘cut’ dalam kontes kecantikan seperti Miss Universe itu adalah proses eliminasi. Di mana dari sejumlah kontestan dikerucutkan menjadi jumlah yang lebih kecil. Dengan demikian istilah ‘first cut’ itu artinya adalah ‘eliminasi pertama’, di mana setelah serangkaian preliminary competition dilakukan, saat malam final dari sejumlah kontestan yang berpartisipasi, hanya 15 atau 20 saja yang terpilih. Mereka yang terpilih, biasanya mendapatkan istilah ‘making the cut’.

Loh, berarti swimsuit atau speech competition di 15 besar itu bukan first cut?

Bukan. Itu namanya adalah round atau ronde. Di mana di malam final biasanya dibagi menjadi 3 atau 4 bagian.

Contoh di 2019, Top 20 mengikuti Speech, lalu hanya Top 10 yang mengikuti Swimsuit dan Evening Gown competition, kemudian Top 5 join di Final Question dan akhirnya Top 3 berkompetisi di Final Statement.

Dan Frederika Cull, pada saat itu bukan terhenti di second cut, melainkan di third cut. Di mana dia sudah berhasil melalui dua proses eliminasi, yaitu dari 90 ke 20, dan dari 20 ke 10.

Sedangkan contoh lain, seperti Kezia Warouw, dia berhasil survive di first cut, akan tetapi harus terhenti di second cut.

Sehingga dengan demikian, mereka yang tidak berhasil survive di first cut, artinya mereka tidak mendapatkan posisi di semifinal alias unplaced.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here