HomeNationalMiss Universe IndonesiaMuthia Fatika Rachman Asal Cirebon Terpilih Sebagai Miss Universe Indonesia Jawa Barat...

Muthia Fatika Rachman Asal Cirebon Terpilih Sebagai Miss Universe Indonesia Jawa Barat 2023

Sabtu, 1 Juli 2023 di Trans Convention Center, Bandung, Final Miss Universe Indonesia Jawa Barat sukses diselenggarakan. Bertema “black glamour”, final MU Jabar diisi oleh para juri yang terdiri dari:

1. Rizky Ananda Musa (Provincial Director Miss Universe Indonesia Jawa Barat)

2. Deden Siswanto

3. Harry Ibrahim

4. Rio Motret

5. Okky Asokawati

Muthia Fatika Rachman wakil Cirebon 2, Juara Miss Universe Jawa Barat 2023

Muthia Fatika Rachman, 21 tahun wakil Cirebon 2 terpilih sebagai pemenang Miss Universe Jawa Barat 2023.

Bersaing dengan 19 finalis lainnya, Muthia yang sedang menempuh pendidikan S1 Administrasi Bisnis di Universitas Diponegoro, Semarang ini tampil memukau sepanjang babak penyisihan, mulai dari evening gown competition, speech mengenai advokasi masing-masing, hingga babak final question.

Berhasil masuk ke babak Top 10, Muthia dan para semifinalis diberikan kesempatan untuk menjelaskan tentang advokasi mereka. Sebelumnya, dengan diiringi lagu Bintang-Bintang oleh penyanyi Titi DJ, mereka menunjukan keanggunan mereka ber-catwalk dalam balutan evening gown bernuansa biru karya Susan Zhuang.

Parade Top 10

Muthia memberikan speech dalam bahasa Inggris “49000 anak-anak di Jawa Barat sendiri, terlahir dengan takdir tanpa masa depan. Advokasi saya bersama dengan orang-orang telah berkembang sejak 2021 dalam mendukung pendidikan yang sejajar untuk setiap anak. Kami bertujuan untuk memberi setiap anak kesempatan dan mengajarkan cinta akan pendidikan. Kami bekerja dengan banyak sekali panti asuhan, bahkan para mahasiswa dan komunitas-komunitas untuk memberitahu setiap anak bahwa keadaan mereka tidak menentukan siapa mereka, namun kerja keras, semangat dan dedikasilah yang menentukan. Maka, raihlah tanganku, lakukan hal ini untuk saudara-saudara kita, untuk generasi masa depan kita. Terima kasih”. Dengan jawaban yang baik, Muthia berhasil melaju ke babak Top 5.

Parade Top 5

Diiringi lagu Bahasa Kalbu oleh penyanyi Titi DJ, para semifinalis Top 5 kemudian keluar dengan mengenakan evening gown bernuansa biru karya Ryanzamuba. Di babak ini Muthia mendapat pertanyaan dari juri Rio Motret “Jika besok adalah hari akhir dunia dan hari ini kamu memenangkan lotere 1 juta dollar, hal apakah yang akan kamu lakukan dan mengapa?”. Dengan menggunakan bahasa Inggris yang lancar Muthia menjawab “Hidup yang layak dijalani adalah hidup yang berbagi dengan orang lain. Mendapat kesempatan untuk memenangkan lotere, saya akan membagikannya ke orang-orang, kepada mereka yang sepanjang kehidupannya tidak pernah menikmati bahkan untuk hal-hal sederhana dalam kehidupan mereka. Karena hal ini menunjukan bahwa bahkan di tengah kesulitan, rasa belas kasih akan selalu menang dan saya Muthia Fatika Rachman dan Miss Universe Indonesia Jawa Barat percaya bahwa bahkan jika besok dunia berakhir, rasa kemanusiaan tidak akan pernah mati”. Jawaban ini membawa Muthia melaju ke babak Top 3.

Final Question

Di babak Top 3, dalam balutan evening gown dari Anaz, mereka diberikan satu pertanyaan yang sama, yaitu “Salah satu visi Miss Universe Indonesia adalah transformational leadership atau perempuan yang dapat membawa perubahan dan pengaruh postitif kepada negara dengan menjadi pemimpin yang memiliki value yang tinggi. Sebagai Miss Universe Indonesia apa yang akan Anda lakukan untuk mendukung visi ini?”. Dalam bahasa Inggris Muthia menjawab “Seorang pemimpin transformasional adalah seseorang yang menciptakan pengaruh dimanapun mereka berada. Saya sebagai seorang Muthia Fatika Rachman telah menciptakan sebuah pengaruh sejak 2021 untuk membuat advokasi di Cirebon hingga ke Semarang, membuktikan bahwa saya menciptakan pengaruh dimanapun saya berada. Dan sebagai Miss Universe Indonesia Jawa Barat, saya menyuarakan untuk selalu mendengarkan setiap orang. Dan seorang Miss Universe akan menjadi representasi orang-orang dan saya akan menjadi representasi orang-orang Jawa Barat dengan kemampuan terbaik saya. Dan itulah visi dan misi saya. Terima kasih”.

Top 2: Cirebon 2 & Depok

Juri pun memutuskan bahwa Muthialah yang dipilih menjadi pemenang Miss Universe Jawa Barat 2023. Bersama dengan 1st Runner Up, Ratih Widiartha (Depok) dan pemenang Miss Favorit, Priskilia Jelita (Bandung 8), Muthia akan mewakili Jawa Barat di kompetisi nasional Miss Universe Indonesia yang finalnya akan dilangsungkan di Jakarta tanggal 3 Agustus 2023.

Dimahkotai oleh Rizky Ananda Musa, Provincial Director of Miss Universe Jawa Barat
Para Pemenang Dengan Dewan Juri

Memiliki waktu yang singkat untuk berkompetisi di tingkat nasional, ketiga perwakilan Jawa Barat ini akan secara intensive mendapat pelatihan dari tim coach Miss Universe Jawa Barat seperti pelatihan public speaking, catwalk dan fashion styling.

Para Pemenang Miss Universe Jawa Barat 2023

Berikut daftar pemenang dan penerima special award Miss Universe Indonesia Jawa Barat 2023.

Top 10:

1. Bandung 11 – Sofia Devi

2. Bandung 8 – Priscilla Jelita

3. Bandung 7 – Anggun Angelia

4. Bekasi – Novi Sarah

5. Cianjur – Dewi Rachmawati

6. Bogor – Safira Abdat

7. Depok – Ratih Widiarta

8. Bandung 2 – Alma

9. Cirebon 2 – Muthia Fatika Rachman

10. Bandung 5 – Atikah Bestari Savik

 

Top 5:

1. Bogor – Safira Abdat

2. Bekasi – Novi Zara

3. Cirebon 2 – Muthia Fatika Rachman

4. Bandung 5 – Atikah Bestari Savik

5. Depok – Ratih Widiartha

 

Special Award:

– Miss Charity:

Bogor – Safira Abdat

– Miss Tourism:

Bekasi – Novi Zara

– Miss Intelegensia:

Bandung 11 – Sofia Devi

– Miss Persahabatan:

Bandung 9 – Galardia Renanda

– Miss Media Sosial:

Cianjur – Dewi Rachmawati

– Miss Favorit:

Bandung 8 – Priscilla Jelita

 

Penulis: Adit

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments