HomeInternationalMiss UniverseKaleidoskop 2023 : Catatan Akhir Tahun "Upforgetable Moment"

Kaleidoskop 2023 : Catatan Akhir Tahun “Upforgetable Moment”

Kaleidoskop catatan akhir tahun 2023, banyak menghadirkan berita-berita seputar dunia pageants yang sangat tidak terlupakan.

Berbagai berita kontroversi dari awal tahun sampai penutup tahun 2023, terjadi silih berganti dan inilah catatan akhir tahun “upforgetable moment” yang sulit untuk dilupakan.

Kaleidoskop-2023-Catatan-Akhir-Tahun-"Upforgetable-Moment-lisensi-miss-universe-lepas-dari-puteri-indonesia

1. Lisensi Miss Universe Lepas Dari Puteri Indonesia

Yayasan Puteri Indonesia (YPI) merilis pernyataan sikap mengenai kabar lepasnya lisensi Miss Universe. Pernyataan itu muncul sebagai tanggapan atas pengumuman salah satu organisasi, pada Rabu (8/2), yang mengklaim telah memegang lisensi Miss Universe Indonesia mulai tahun ini.

Perpindahan lisensi itu mengejutkan YPI karena pihaknya belum menerima pernyataan resmi dari Miss Universe Organization (MUO). Padahal, YPI dan MUO sudah menjalin kerja sama selama 30 tahun terakhir.

Kaleidoskop-2023-Catatan-Akhir-Tahun-"Upforgetable-Moment-berita-pelecehan-di-miss-universe-indonesia-2023

2. Berita Pelecehan di Miss Universe Indonesia 2023

Chief operating officer (COO) Miss Universe Indonesia, Andaria Sarah Dewia atau Sarah, resmi ditahan. Sarah ditahan setelah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pelecehan seksual finalis Miss Universe Indonesia 2023, Jumat (6/10/2023)

“(Resmi) ditahan,” ujar Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi kepada wartawan, Jumat (13/10/2023). Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut Sarah telah dijebloskan ke dalam penjara hari Jumat.

Kaleidoskop-2023-Catatan-Akhir-Tahun-"Upforgetable-Moment-Whulandary-Herman-Puteri-Indonesia-2013-Peduli-Palestina

3. Whulandary Herman Puteri Indonesia 2013 Peduli Palestina

Mantan Puteri Indonesia, Whulandary Herman menjadi perhatian di media sosial setelah dirinya aktif menyuarakan dukungan kepada Palestina, akibat agresi militer Israel di jalur Gaza dengan korban jiwa lebih 20ribu meninggal dunia dan 8ribu adalah anak-anak.

Selain itu juga, Whulandary Herman sempat beradu debat dengan Miss Israel yaitu Yityish Aynaw yang tidak setuju dengan langkah yang dipilihnya. Aksinya pun sempat mendapat pujian dari netizen.

Kaleidoskop-2023-Catatan-Akhir-Tahun-"Upforgetable-Moment-Pakistan-Mencetak-Sejarah-Di-Miss-Universe-2023

4. Pakistan Mencetak Sejarah di Miss Universe 2023

Pertama kali ikut serta di Miss Universe negara berpenduduk mayoritas Muslim. Pakistan langsung mencetak sejarah placed.

Diwakili Erica Robin, yang tampil sangat memukau ditambah dengan busana burkini untuk sesi swimsuit dan evening gown yang memorable.

Pakistan perdana mengikuti kontes Miss Universe 2023 dan placed diposisi Top 20.

Kaleidoskop-2023-Catatan-Akhir-Tahun-"Upforgetable-Moment-National-Director-Miss-Universe-2023-Tidak-Bisa-Pulang-Kampung

5. National Director Miss Universe Nikaragua Tidak Bisa Pulang Kampung

Pihak berwenang Nikaragua telah melarang Karen Celebretti, direktur Miss Nikaragua pulang ke negaranya. Padahal, ia berhasil membawa Miss Nikaragua Sheynnis Palacios memenangi kontes Miss Universe 2023 di El Salvador pekan lalu.

Menurut EFE, Celebretti sempat ditahan bersama putrinya di Bandara Internasional Augusto C Andino Managua dan kemudian dideportasi ke Meksiko, pada Kamis (23/11/2023).

Celebretti adalah finalis Miss Nikaragua pada 1991 dan telah mewakili merek Miss Universe di negaranya sejak 2001. Ini bukan pertama kalinya dia ditahan karena pendirian politiknya.

Pada 16 Maret 2019 , dia ditahan bersama kritikus dan penentang Presiden Nikaragua Daniel Ortega saat mereka menuntut pembebasan tahanan politik di ibu kota .

Wakil Presiden Nikaragua dan istri Daniel Ortega, Rosario Murillo juga mengkritik kemenangan Palacios di ajang Miss Universe. Rosario Murillo menuding kemenangan itu dimanfaatkan Celebritti menjadi alat perlawanan terhadap pemerintah.

Cindy-inanto-top-12-miss-earth-2023

6. Pertama Dalam Sejarah, Indonesia Lolos Top 12 Miss Earth 2023

Pada perhelatan tersebut, Indonesia mengirim Cindy Inanto sebagai Miss Earth Indonesia 2023 dari yayasan Mahakarya Duta Pesona Indonesia.

Wanita cantik berusia 27 asal Sumatera Utara tersebut, berhasil mencatatkan sejarah sebagai wanita pertama Indonesia yang masuk dalam jajaran Top 12 dan juga meraih spesial award yaitu People Choice Award.

Kaleidoskop-2023-Catatan-Akhir-Tahun-"Upforgetable-Moment-Global-beauties-kehilangan-lisensi-miss-grand-international

7. Global Beauties Kehilangan Lisensi Miss Grand International

Penutup akhir tahun ditutup dengan berita lepasnya lisensi Miss Grand International dari tangan Henrique Fohantes national director MGI Brazil.

Global Beauties yang memegang lisensi Brazil di Miss Grand International dikabarkan sudah tidak lagi memegang lisensi tersebut.

Dibawah naungannya Brazil berpartisipasi di MGI sejak edisi pertama sampai 2023 dan prestasi tertinggi diraih Isabella Menin Miss Grand International 2022 yang diadakan di Indonesia.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments