Mengenal Lebih Dekat Putera Puteri Kebudayaan Indonesia Yang Akan Diadakan Tahun 2021

2216
Nur-Kholis-dan-Putri-Ajeng-Wulan-Julitasari-Putera-Puteri-Kebudayaan-Indonesia-2019

Putera Puteri Kebudayaan Indonesia adalah suatu kontes baru yang berbasis pada pengembangan kebudayaan di era 4.0 biasa disingkat menjadi PPKI dengan pendirinya adalah M. Satrio Nusantara sebagai CEO.

PPKI memiliki tagline “Muda Berkarakter Berbudaya“. Yang memiliki arti bahwa generasi muda mampu memiliki karakternya masing-masing tetapi tidak melupakan kebudayaannya itu sendiri.

Dengan visi mewujudkan generasi muda yang berkarakter, berbudaya, memiliki kemampuan berpikir yang kritis, kreatif, dan inovatif serta mampu menjadi inspirasi bagi generasi muda yang lain dan untuk berperan aktif dalam melestarikan budaya.

Memiliki advokasi atau tagline #KampanyeSadarBudaya , yang mana di implementasikan dalam bentuk terjun langsung dalam penyuluhan ke sekolah sekolah di beberapa pedalaman ataupun photoshoot baju adat yang dikemas secara modern.

Putera Puteri Kebudayaan Indonesia pertama kali diadakan tahun 2018 dan pemenangnya adalah Muhammad Ulul Albab (Jawa Timur) dan Beterida Panjaitan (Sumatera Utara), sedangkan tahun 2019 pemenangnya adalah Nur Kholis (Jawa Tengah) dan Putri Ajeng Wulan Julitasari (DKI Jakarta).

Nur-Kholis-dan-Putri-Ajeng-Wulan-Julitasari-Putera-Puteri-Kebudayaan-Indonesia-2019

Selain sebagai pemenang, runner up PPKI juga mendapatkan kesempatan mengikuti kontes kecantikan internasional.

– Divena Refi 1st runner up Puteri Kebudayaan Indonesia 2018 dikirim ke ajang Miss Asean 2019 di Thailand dan mendapatkan gelar sebagai Best National Costume.

– Diva Surya Ningrum 2nd runner up Puteri Kebudayaan Indonesia 2018 dikirim ke ajang World Beauty Queen di Korea pada Agustus 2019.

– Andy Prasetyo Kapoh sebagai 2nd runner up Putera Kebudayaan Indonesia 2018 dikirim ke ajang non pageants yaitu Hongkong Model United Nations yang mana acara simulasi sidang PBB.

Nur-Kholis-dan-Putri-Ajeng-Wulan-Julitasari-Putera-Puteri-Kebudayaan-Indonesia-2019

Memasuki tahun ketiga penyelenggarannya, Putera Puteri Kebudayaan Indonesia 2020 seharusnya diadakan tahun ini, melihat perkembangan wabah virus corona covid19 yang menyebar luas keseluruh dunia dan juga berdampak luas di Indonesia, PPKI 2020 akhirnya diundur ketahun 2021.

Putera Puteri Kebudayaan Indonesia 2020 akan diadakan 4-10 Januari 2021 di Cirebon. menangkat tema Realizing young intelectuals with national cultural characters in 4.0 Era dan sampai sekarang sudah terpilih 54 finalis dan masih ada beberapa provinsi yang masih mengadakan pemilihan didaerah untuk dikirim ke nasional.

Penulis : Irwans

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here