Mengenal Lebih Dekat Muhammad Nurul Huda dan Egha Maulani Putera Puteri Kebudayaan Indonesia Kalimantan Selatan 2020

789
Mengenal-Lebih-Dekat-Muhammad-Nurul-Huda-dan-Egha-Maulani-Putera-Puteri-Kebudayaan-Indonesia-Kalimantan-Selatan-2020

Biodata
Nama : Muhammad Nurul Huda
Nama Panggilan : Huda
Tempat tgl lahir : Pagatan, 25 Oktober 1997
Pendidikan : SLTA/SMK (2016)
Hobby : Menyanyi, melukis, Menulis, (hampir semua kesenian)
Motto : Hidup harus berprogres lebih baik dan bertanggung jawab atas segala apa yang dimiliki.
Prestasi Akademik :
1. Ketua Osis 2013-2014 dan 2014-2015
2. ketua Pramuka 2012-2013, 2013-2014, bindam 2015-2016
3. harapan 1 cerdas cermat MTQ Tanah Bumbu

Prestasi Non Akademik :
1. Juara 3 Kabupaten Tanah Bumbu Lomba Konten Video Kreatif tema Ir. Sukarno dalam rangka bulan bung karno
2. Juara lukis terbaik karya kreatif dirumahaja 2020
3. Lolos 14 besar wakil kalsel Liga Dangdut Indonesia 2019 kalsel 2019
4. Pernah bekerja sebagai Penyiar dan reporter Radio pemerintah daerah “swara bersujud 89.8Fm, Marsmart fm pagatan dan Jhonlin Radio
5. Putera Kebudayaan Indonesia Kalimantan Selatan 2020

Biodata
Nama : Egha Maulani
Nama Panggilan : Egha
Tempat tgl lahir : Banjarmasin, 06 Appril 1999
Pendidikan : Fakultas Hukum
Hobby : Menyanyi ,bermain musik , Menari
Motto : Be u your self
Prestasi Akademik :
1. Mahasiswa Berprestasi Fakultas Hukum Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad AL-banjari
2. Sekretaris (BEM) Fakultas hukum Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad albanjari
3. Juara 3 debat hukum tingkat provinsi Kalimantan Selatan
4. Ketua Bidang Apresiasi seni

Prestasi Non Akademik :
1. Wakil 1 Galuh (Duta Wisata) Kabupaten Tanah bumbu
2. Ikatan nanang Galuh provinsi Kalimantan selatan
3. Putri Pariwisata Kabupaten Tanah Bumbu
4. Gita Bahana Nusantara
5. Puteri Kebudayaan Indonesia Kalimantan Selatan 2020

1. Ceritakan sosok kamu seperti apa ?

Putera :
Saya orangnya pejuang dalam melakukan sesuatu apapaun, pekerja keras dan menghabiskan waktu untuk hal-hal yang lebih bermanfaat.

Puteri :
Saya adalah wanita yang mandiri, karena menurut saya pintu kesuksesan itu ada dan tergantung pada diri sendiri. Selain itu saya juga tipe seseorang yang menyukai keceriaan dan suka bergaul, kemudian menurut saya good attitude adalah yang paling utama.

2. Apa motivasi kamu mengikuti Putera Puteri Kebudayaan Indonesia 2020?

Putera :
Motivasi saya mengikuti Putera Puteri Kebudayaan Indonesia 2020, karena tujuan yang saya jalani saya selama ini saling berkaitan, tujuan saya yaitu selalu berusaha bermanfaat bagi banyak orang khususnya daerah kebanggan saya baik kabupaten, Provinsi ataupun untuk Indonesia.

Puteri :
Motivasi saya dalam mengikuti Putera Puteri Kebudayaan Indonesia 2020, saya sebagai pemudi Indonesia ingin mempelopori masyarakat lebih mengetahui betapa indah dan uniknya kebudayaan Indonesia, melalui advokasi yang saya jalani yakni Corak Banua yang terfokus pada pemberdayaan wanita khususnya pengrajin tenun pagatan dengan cara turut andil sebagai penggerak pemuda untuk mencintai kebudayaan dan produk lokal yang ada didaerah.

Mengenal-Lebih-Dekat-Muhammad-Nurul-Huda-dan-Egha-Maulani-Putera-Puteri-Kebudayaan-Indonesia-Kalimantan-Selatan-2020

3. Sebagai seorang Putera/Puteri daerah, bagaimana kamu melihat perkembangan kebudayaan didaerahmu?

Putera :
Untuk daerah saya tergolong baik karena kemajemukannya yang membuat daerah saya cukup dikenal diantara kabupaten lain di Kalimantan Selatan, namun justru dari kekayaan tersebut membuat saya semakin tertarik untuk turut mengembangkan dan memajukan kebudayaan didaerah saya, karena apabila hanya mengetahui tanpa aksi sama saja sia-sia karena budaya hanya akan jadi cerita belaka apabila tidak dijaga.

Puteri :
Saya sebagai puteri daerah , melihat perkembangan kebudayaan di daerah saya cukup baik karena bisa dibilang Kalimantan selatan adalah provinsi unik dengan beragam budaya dari suku suku yang berbeda, dan dari keberagaman ini membuat saya bangga dengan daerah saya yang multietnis.

4. Zaman now! Banyak millenial melupakan kebudayaan bangsa sendiri, dan lebih bangga memakai atau mengaplikasikan kebudayaan asing dari pada kebudayaannya sendiri, sehingga kebudayaan negeri sendiri terlupakan, bagaimana kamu melihat fenomena ini?

Putera :
Sangat wajar terjadi, namun inilah tantangan pemuda sebagai penerus bangsa. Salah satu hal yang harus dilakukan ialah saling mengedukasi dengan cara yang efektif. Sosial media adalah salah satu jalan sesuai sasaran yakni kaum milinial, hal inilah membuat saya menjadikan akun pribadi saya sebagai wadah informatif, edukatif dan inspiratif dengan konten menarik sesuai gaya milinial.

Puteri :
Menurut saya, hal tersebut sebenarnya hal yang lumrah terjadi di setiap negara manapun tak terkecuali Indonesia yang juga banyak pengaruh budaya lain baik dikarenakan bekas jajahan ataupun karena perkembangan jaman itu sendiri, namun hal inilah yang membuat saya pribadi tertarik belajar banyak hal tentang kepemudaan dan kebudayaan agar dapat berpartisipasi membawa dampak positif pada pemajuan kebudayaan Indonesia.

Mengenal-Lebih-Dekat-Muhammad-Nurul-Huda-dan-Egha-Maulani-Putera-Puteri-Kebudayaan-Indonesia-Kalimantan-Selatan-2020

5. Agar kebudayaan daerah kamu tidak hilang ditelan zaman, sebagai generasi muda apa yang akan kamu lakukan?

Putera :
Yang pasti dimulai dari diri saya sendiri, membiasakan mencintai budaya justu akan menjadi budaya bagi diri sendiri untuk melestarikan suatu kearifan. Dimulai dari satu orang yang konsisten Insha Allah kalimat tidak ada hasil menghianati usaha akan nyata terasa dimasa mendatang.

Puteri :
Yang akan saya lakukan adalah mempelopori atau mengajak para pengrajin seperti kain tenun pagatan yaitu dengan memodifikasi kain tersebut dengan membuat dompet,tas, sendal yang unik untuk diperjual belikan, kemudian adanya juga pengrajin purun yang terbuat dari daun purun yang biasanya dibuat bakul itu bisa dimodifikasi dengan ditambahkan nya kain tenun pagatan, dengan adanya seperti ini pastinya masyarakat lebih tertarik ingin membeli dan memakainya.

6. Di jaman era digital, orang dengan bebasnya mengakses sosial media dan berpendapat, pernahkah kamu mendapatkan bullying dan bagaimana kamu mengatasinya?

Putera :
Saya pribadi berusaha konsisten setidaknya setiap pagi sebelum berangkat kerja untuk memberikan konten-konten edukatif. Contohnya ialah postingan saya sebelum menjadi Putera Kebudayaan Kalimantan Selatan yang pernah mengangkat tema BULLYING dan Alhamdulillah beragam respon saya dapatkan dikolom komentar, artinya semenjak saya konsisten memposting hal-hal tersebut secara tidak langsung membuat beberapa followers saya mendapatkan ilmu pengetahuan melalui konten, caption dan isi komentar yang bermutu.

Puteri :
Alhamdulillah sampai sekarang belum pernah, tapi bagi saya bagaimanapun juga bullying tidak harus dilakukan karena dapat mempengaruhi mental korban dan hal ini harus diberantas. Dan apabila saya pribadi menjadi korban, pertama yang saya lakukan ialah diam terdahulu tidak memberi respon, kemudian kalau masih berlanjut maka harus di tindak tegas agar perlakuan bullying tidak dilakukan kembali.

7. Pernahkah kamu mengalami kegagalan dan bagaimana cara kamu untuk bangkit kembali?

Putera :
Pernah, salah satu alasan kenapa saya berada dititik ini sekarang ialah karena bangkit dari kegagalan yang pernah saya alami. Seperti keterangan yang saya jelaskan sebelumnya bahwa hidup harus berprogres maka saya akan selalu belajar dan memperbaiki kekurangan saya kemudian mencoba tidak mengulang kesalahan yang sama. Selain itu saya juga tipe orang yang menjadikan lingkungan dan pengalaman sebagai guru yang selalu hadir bersama saya.

Puteri :
Pernah, karena kesuksesan adalah hal yang memerlukan kerja keras, jika tidak ingin gagal janganlah melakukan apa pun, jika berani melangkah itu berarti berani pula menerima kegagalan jadi, bangun kesuksesan dari kegagalan. Keputusasaan dan kegagalan adalah dua batu loncatan yang paling baik menuju kesuksesan dan salah satu keyakinan saya ialah bahwa hasil tidak akan pernah menghianati usaha.

Mengenal-Lebih-Dekat-Muhammad-Nurul-Huda-dan-Egha-Maulani-Putera-Puteri-Kebudayaan-Indonesia-Kalimantan-Selatan-2020

8. Seluruh dunia sekarang sedang dilanda wabah virus corona covid19 hingga mengakibatkan terjadinya resesi dan kasus positif di negara Indonesia terus meningkat, hingga berakibat banyak negara-negara melakukan pencegahan, dengan menolak warga negara Indonesia berkunjung ke negara mereka, menurut kamu sebagai anak muda Indonesia apa yang harus kamu lakukan agar wabah tersebut segera berlalu dan kita bisa hidup normal kembali?

Putera :
Yang pasti mematuhi protokol kesehatan adalah cara terbaik karena sudah diatur oleh orang-orang yang lebih paham dan berkompeten dalam hal ini. Pandemi kemudian New Normal membuat kita harus beradaptasi dan menjalankan gaya hidup baru dan gaya hidup yang lebih sehat dari sebelumnya. Selain itu saling mengedukasi satu sama lain tidak menjadi masalah demi menyudahi atau mengurangi wabah Covid19 ini.

Puteri :
Yang pasti dimulai dari diri sendiri harus mematuhi protokol kesehatan kapanpun dan dimanapun khususnya apabila berada diluar rumah, selain itu saling mengingatkan satu sama lain juga harus dilakukan mengingat rantai penularan covid19 ini bersifat abstrak tak nampak secara kasat mata, maka dari itu new normal juga mengartikan bahwa kita harus menyesuaikan dan adaptasi gaya hidup sehat yang baru.

9. Jika kamu terpilih sebagai sebagai pemenang Putera Puteri Kebudayaan Indonesia 2020, apa yang akan kamu lakukan?

Putera :
Menang atau tidak, saya tetap akan seperti biasanya yakni menjalankan program Seni Kreatif Tanah Bumbu dan Gempardaya yang saya jalankan sejak 2018 lalu hingga kini. Bedanya hanyalah apabila saya diberi kesempatan sebagai pemenang Putera Kebudayaan Indonesia ialah tugas dan tanggung jawab akan lebih besar dan pengabdian serta kontribusi kepada negara akan lebih besar pula namun itu lah goals saya. Dan saya ingin mengabdi sesuai passion saya di seni, budaya dan pariwisata.

Puteri :
Yang pasti pertama bersyukur kepada Tuhan yang maha esa, mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak bersangkutan kemudian yang pasti ialah saya akan lebih gencar menjalankan advokasi yang saya lakukan selama ini.

Penulis : Irwans

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here