Kaleidoskop : Kontroversi Dunia Pageants Di Tahun 2021

318
Kaleidoskop-Kontroversi-Dunia-Pageants-Di-Tahun-2021

Sepanjang tahun 2021 ada banyak kejadian yang terjadi didunia pageants. Meski dunia masih dilanda covid19 yang mana belum ketahuan kapan berakhirnya.

Kontes kecantikan tetap diadakan dengan offline ataupun virtual online. Tidak hanya kemeriahan dan gegap gempita yang dihadirkan, namun kejadian-kejadian yang mengandung kontroversi juga banyak terjadi.

Dari catatan team Pageantempire ada 4 peristiwa kontroversi yang terjadi didalam dunia pageants.

Andre-Sleigh-Creative-Director-Miss-Supranational

1. Ujaran kebencian juga sempat dilontarkan oleh Andre Sleigh Creative Director Miss Supranational

Pada tanggal 6 September 2021, saat live Instagram diakun Anntonia Porsild Miss Supranational 2019.

Saat itu suara Andre tertangkap jelas ketidaksukaan dengan menyebut negara Indonesia.

Tidak menunggu lama, capturean video tersebut langsung menuai kontroversi dan pro-kontra dikalangan dunia pageants. Beritanya langsung menyebar luas di media nasional.

Efeknya banyak masyarakat dan pageants lover Indonesia ‘Silaturahmi’ mengungkapkan kekecewaannya diakun Instagram Andre dan Miss Supranational, sadar ucapannya tersebut sangat menyakitkan dan melukai perasaan masyarakat dan pageants lover Indonesia, beberapa hari kemudian Andre mengakui kesalahannya dan meminta maaf.

Olvah-Alhamid-Top-5-Puteri-Indonesia-2015

2. Olvah Alhamid Top 5 Puteri Indonesia 2015 membuat gempar jagad maya

Mulutmu Harimaumu itulah pepatah jaman dahulu yang masih berlaku sampai saat ini.

Ucapan bernada rasis dilontarkan Olvah Alhamid Top 5 Puteri Indonesia 2015 asal Papua.

Saat itu beliau berada dibandara Soekarno Hatta dan melihat rombongan penumpang pesawat yang datang dari Tiongkok.

Lalu mengambil gambar video dan menguploadnya di sosial media, namun ucapan didalam video tersebut yang membuat banyak warga net tersinggung. Sadar ucapannya tersebut menyingung suatu negara, Olvah langsung mengklarifikasinya dan meminta maaf pada tanggal 7 Desember 2021.

Lalela-Leli-Miss-South-Africa-2021

3. Kabar terbaru mengenai kontroversi keikutsertaan Lalela Leli, Miss South Africa 2021 ke Miss Universe 2021 di Israel.

Walaupun berhasil membanggakan negaranya South Africa dengan meraih 2nd runner-up Miss Universe 2021 tidak membuat masalah selesai.

Sebelumnya Kementerian Kebudayaan South Africa, telah mengeluarkan ultimatum kepada pihak Miss South Africa untuk tidak mengirimkan perwakilan ke kontes Miss Universe di Israel.

Bukannya mengikuti keputusan ini justru dilanggar, dengan demikian dampak dari kejadian ini maka Kementerian Kebudayaan South Africa akan berhenti mendukung pemilihan kontes Miss South Africa di masa mendatang.

Toni-Ann-Singh-Miss-World-2019

4. Final Miss World 2021 Resmi Ditunda

Karantina Miss World 2021 sudah berjalan hampir mau selesai, dimana grand final diadakan 17 Desember 2021.

Beberapa jam sebelum acara dimulai, Miss World Organization secara mendadak telah mengumumkan final Miss World 2021 ditunda dan akan diadakan dalam waktu maksimal 90 hari ke depan di Puerto Rico.

Penundaan tersebut dikarenakan ada kontestan dari beberapa negara terindikasi positif covid19, termasuk wakil Indonesia Carla Yules (sekarang sudah sembuh dan dalam perjalanan pulang ke Indonesia).

Dampak penundaan tersebut seluruh kontestan akan pulang dulu sementara ke negara masing-masing dan baru akan berkumpul kembali saat final diadakan nanti pada tanggal 16 Maret 2022, Coliseum Jose Miguel Agrelot, Puerto Rico.

Final baru akan diadakan bila semua kontestan dan staff dalam keadaan sehat dan tidak ada yang terpapar lagi.

Penulis : Irwans

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here