Europe on Screen 2022 Hadir Kembali Menghadirkan 69 Film Dari 25 Negara Eropa

49
Europe-on-Screen-2022-Hadir-Kembali-Menghadirkan-69-Film-Dari-25-Negara-Eropa

Setelah dua tahun diadakan secara virtual akibat pademi covid19. Memasuki edisi ke-22 festival film tahunan Uni Eropa (UE) atau yang lebih dikenal dengan nama Europe on Screen (Eos) kembali diselenggarakan ditahun 2022, kali ini dengan format hybrid.

Dari tanggal 16-26 Juni 2022, Eos diputar secara luring (offline) dibeberapa kota besar ditanah air, mulai dari Jakarta, Bandung, Denpasar, Medan, Surabaya dan Yogyakarta.

“Tahun ini, festival film ‘Europe on Screen’ (Eos) akan menghadirkan 69 film terkini dari 20 negara-negara anggota UE serta 5 negara Eropa lainnya. Ada beragam alternatif film yang ditayangkan, dari thriller ke komedi, film romantis hingga musikal, ada drama dan horor” ucap Vincent Piket selaku Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia.

Europe-on-Screen-2022-Hadir-Kembali-Menghadirkan-69-Film-Dari-25-Negara-Eropa

Sementara itu dalam opening EoS yang berlangsung tanggal 16 Juni 2022 di Erasmus Huis. Meninaputri Wismutri dan Nauval Yazid selalu Co-Direktur Festival mengaku sangat bersyukur tahun ini EoS bisa terlaksana secara hybrid dan online.

Europe-on-Screen-2022-Hadir-Kembali-Menghadirkan-69-Film-Dari-25-Negara-Eropa

Film pembuka di EoS menghadirkan Do Not Hesitate (2021), sebuah film dari Belanda. Mengisahkan di tengah gurun panas dan terpencil, 3 orang tentara ditugaskan menjaga kendaraan militer yang rusak. Saat mereka tidak sengaja menembak mati seekor kambing, pemilik kambing yang berumur 14 tahun menuntut ganti rugi. Tak lama kemudian, keadaan menjadi kacau. Film ini merupakan nominasi dari Belanda untuk Piala Oscar (2022) ke-94 untuk kategori International Feature Film.

Europe-on-Screen-2022-Hadir-Kembali-Menghadirkan-69-Film-Dari-25-Negara-Eropa

Sedangkan film penutup EoS 2022 menghadirkan The Big Hit (2020) dari Perancis yang akan tayang tanggal 26 Juni 2022. Film berdasarkan kisah nyata ini mengisahkan seorang aktor pengangguran menerima pekerjaan menyutradarai teater di penjara. Kagum dengan bakat para narapidana, mereka memulai drama teater terkenal ‘Waiting for Godot’ dan melakukan tur ke luar penjara. Apakah pertunjukan terakhir mereka di Paris akan menjadi pertunjukan tersukses?

Bagi yang ingin menonton dan tidak bisa datang ke lokasi, pihak panitia juga menyediakan alternatif lainnya dengan dapat menonton secara gratis melalui online dengan melalui situs festivalscope.com mulai tanggal 20-30 Juni 2022.

Penulis : Irwan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here